Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Decree 116 Menekan Ekspor Mobil dari Indonesia

Langkah pemerintah Vietnam mengeluarkan Decree 116 mulai berimbas terhadap kinerja ekspor kendaraan mobil Indonesia.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 15 Maret 2018  |  22:56 WIB
Petugas memeriksa mobil produksi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang siap diekspor di IPC Car Terminal, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3).  - Bisnis, Dwi Prasetya
Petugas memeriksa mobil produksi PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang siap diekspor di IPC Car Terminal, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3). - Bisnis, Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA—Langkah pemerintah Vietnam mengeluarkan Decree 116 mulai berimbas terhadap kinerja ekspor kendaraan mobil Indonesia. 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat persentase pengiriman ke luar negeri kendaraan mobil utuh pada bulan lalu negatif 6,7% dibandingkan dengan Februari 2017.

Pengiriman mobil dari Indonesia ke luar negeri mencapai 17.692 unit pada bulan lalu. Jumlah ekspor tersebut lebih rendah 1.263 kendaraan dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, yakni 18.955 unit.

Kendaraan-kendaraan yang diekspor pada bulan lalu juga lebih rendah jika dibandingkan dengan pengiriman pada Januari 2018, yakni 18.649 unit.

Masih dalam data Gaikindo, salah satu penyebab penurunan kinerja ekspor kendaraan mobil pada bulan lalu adalah tidak ada pengiriman mobil ke Vietnam. Sementara pada Februari 2017, pengiriman kendaraan ke Negeri Jiran itu mencapai 903 unit.

Dari total ekspor bulan lalu, Toyota dan Daihatsu mengalami penurunan masing-masing sebesar 19,4% dan 9,3% dibandingkan dengan Februari 2017. Sementara Suzuki dan Hino masing-masing mencatat pertumbuhan 45,3% dan 43,3%.

Kontribusi ekspor mobil Toyota pada bulan lalu masih yang tertinggi, yakni 41%, disusul Daihatsu 36,7%, Suzuki 19,7%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ekspor Mobil Decree 116
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top