Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Mengemudi di Jalan Basah

Beberapa hari ini, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan cukup deras yang membuat jalanan menjadi basah. Oleh karena itu, pengendara mobil perlu berhati-hati dan ekstra waspada ketika sedang berkendara.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 27 Februari 2018  |  23:00 WIB
Menyetir di tengah hujan - lb/law.com
Menyetir di tengah hujan - lb/law.com

Bisnis.com, JAKARTA—Beberapa hari ini, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan cukup deras yang membuat jalanan menjadi basah. Oleh karena itu, pengendara mobil perlu berhati-hati dan ekstra waspada ketika sedang berkendara.

Mengutip laman michelin.co.id, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh para pengendara mobil agar selamat ketika mengendarai di jalan yang basah.

1. Selalu mengemudi dengan dua tangan agar tetap terkendali.

2. Mengemudi dengan perlahan-lahan agar ban akan memiliki traksi dan kontak yang lebih baik dengan jalan.

3. Jaga jarak mobil dengan mobil lain secara signifikan, tetap waspada terhadap pengemudi lain dan bahaya di sekitar. Antisipasi situasi berbahaya daripada menunggu untuk memberikan reaksi.

4. Sebelum berbelok: mengerem hanya di jalur lurus sebelum berbelok, dan lakukan secara bertahap. Pengemudi jangan menginjak rem saat berbelok karena kondisi tersebut akan membuat tergelincir.

5. Saat berbelok: perlahan sebelum berbelok, dan jaga kecepatan yang konsisten di sepanjang belokan. Kemudian, masih pada saat berbelok, jangan membuat gerakan tiba-tiba pada kemudi.

6. Periksa ban setiap bulan: pastikan ban memiliki jumlah tapak yang tepat dan tekanan ban. Pilih ban yang menawarkan daya cengkeram maksimal di musim hujan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ban Mobil Musim Hujan Tip Mengemudi
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top