Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mitsubishi Fuso Meningkat 24%

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) semakin optimistis melihat tahun 2017.
Truk Mitsubishi-Fuso/Istimewa
Truk Mitsubishi-Fuso/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) semakin optimistis melihat tahun 2017.

Hal itu menyusul data perusahaan terbaru menunjukkan permintaan Januari—Mei 2017 naik 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur KTB Atsushi Kurita mengatakan secara total permintaan kendaraan niaga naik 25,6% pada periode yang sama. “Hal ini menjadi pertanda positif bahwa pasar kendaraan niaga akan membaik ke depan,” katanya di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Meskipun tumbuh di bawah pertumbuhan total kendaraan niaga, Mitsubishi Fuso masih menjadi penguasa pangsa pasar kendaraan niaga. Total penjualan Januari—Mei 2017 sebanyak 16.120 unit dengan pangsa pasar 45,3%.

Kontribusi penjualan terbesar berasal dari segmen light duty truck sebesar 14.696 unit. Segmen ini tumbuh 22,7% dengan menguasai pangsa pasar sebesar 58,7%. Sementara itu medium duty truck mencatatkan penjualan sebanyak 1.359 unit, sedangkan heavy duty truck membukukan penjualan 65 unit.

Menurut Marketing Director Duljatmono, sektor logistik, utamanya customer goods tetap menjadi sektor terbesar penyumbang penjualan MFTBC. Selanjutnya kontribusi diberikan oleh sektor komoditas dan infrastruktur.

“Logistik karena secara kuantitas kontribusinya besar, naik sedikit saja terasa,” katanya.

Secara keseluruhan peningkatan pasar kendaraan niaga disebabkan oleh sejumlah faktor. Terutama dari sektor perkebunan yang naik signifikan. Selain itu proyek infrastruktur pemerintah yang sudah mulai bergerak di seluruh hampir wilayah Indonesia juga mendongkrak permintaan pasar.

Secara total, MFTBC menargetkan penguasaan pasar sebesar 48%, dengan peningkatan volume penjualan 10% pada tahun ini. Satu di antaranya dengan fokus pada peningkatan layanan purna jual.

Momentum menjelang Lebaran dimanfaatkan perusahaan untuk memelihara loyalitas konsumen dengan memberikan potongan harga perawatan truk. Program servis ini berlaku pada 24 Mei—31 Juli 2017.

Adapun target jangka menengah perusahaan adalah mendominasi penjualan kendaraan niaga dengan perolehan pangsa pasar 50%. Target tersebut rencananya akan dicapai hingga tiga tahun ke depan.

Guna mengejar target tersebut MFTBC tahun ini akan menambahkan produk serta gerai baru. Produk baru rencananya akan diluncurkan setelah kuartal pertama. Sedangkan hingga akhir tahun akan ada penambahan empat gerai di seluruh Indonesia, sehingga menjadi 230 gerai.

Selain itu, dipisahnya unit usaha Mitsubishi untuk kendaraan penumpang dan niaga, juga membangun optimisme MFTBC untuk tumbuh di atas rata-rata. Hal itu akan membuat perusahaan fokus mengembangkan bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper