Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Hemat Energi Diprediksi Dongkrak Volume Produksi

Kementerian Perindustrian optimistis target produksi kendaraan sebanyak 2,5 juta unit pada 2020 akan terealisasi. Apalagi, dalam beberapa bulan industri otomotif menunjukkan perbaikan dilihat dari volume produksi dan penjualan.
Aktivitas di pabrik kendaraan bermotor. /Bisnis.com
Aktivitas di pabrik kendaraan bermotor. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian optimistis target produksi kendaraan sebanyak 2,5 juta unit pada 2020 akan terealisasi. Apalagi, dalam beberapa bulan industri otomotif menunjukkan perbaikan dilihat dari volume produksi dan penjualan.

Selain itu, pemerintah juga tengah mengupayakan pengembangan segmen baru. Segmen baru ini diyakini akan mampu mendongkrak volume penjualan sekaligus meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

"Segmen yang akan berkembang ke depan adalah yang sejalan dengan trend duniayakni green car. Ini akan membantu capaian target produksi," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Pertahanan Kementerian Perindustrian Yan Sibarang kepada Bisnis, Selasa (9/5/2017).

Dia menambahkan, mengenai proporsi akan ditentukan oleh pasar. Namun selama pemerintah dan pelaku industri mampu bersinergi dalam mengembangkan produk baru tentu ini akan menjadi pilihan utama konsumen.

"Kendaraan yang ekonomi dalam pengoperasian atau tingkat efisiensi bahan bakarnya tinggi, ramah lingkungan, ini telah menjadi tren dan akan terus kami kembangkan," ujarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemerintah memang terus merumuskan mekanisme untuk meningkatkan volume produksi dan pengembangan kendaraan ramah lingkungan.

Pada Maret lalu, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menerbitkan regulasi yang mewajibkan kendaraan mengadopsi standar emisi Euro 4. Pemerintah memberi waktu 18 bulan untuk kendaraan bermesin bensin dan 4 tahun untuk mobil diesel dalam implementasi Euro 4 ini.

Tak lama berselang, Presiden Jokowi menerbitkan Perpres No. 27/2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Dalam lampiran beleid tersebut, dinyatakan bahwa pemerintah akan mengembangkan kendaraan bertenaga listrik/hybrid pada 2025 sebanyak 2.200 unit untuk roda 4 dan 2,1 juta untuk untuk kendaraan roda 2.

Tak sampai di situ, saat ini pemerintah bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga merumuskan mekanisme perpajakan yang tepat untuk kendaraan segmen sedan.

Ini merupakan bukti dari komitmen pemerintah untuk mengembangkan industri otomotif dalam negeri sehingga mampu bersaing di tingkat global, serta meningkatkan volume ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper