Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ford Indonesia "Tutup Warung", Harga Mobil Bekasnya Anjlok?

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kendati PT Ford Motor Indonesia akan menghentikan kegiatan bisnisnya di Indonesia, PT United Mobil Internasional selaku dealer resmi Ford di Kalimantan akan tetap melayani jasa perawatan dan penjualan. 

Operations Manager PT United Mobil I Dewa Made Wirya Atmaja memastikan pihaknya akan tetap melayani pelanggan sampai FMI memberikan informasi lebih lanjut mengenai kelanjutan bisnisnya di Indonesia. 

“Hari ini sudah banyak yang menelepon saya. Saya jelaskan secara normatif saja karena informasi resmi lebih lanjut belum kami dapatkan. Tadi juga kami lepas penjualan Ford Ecosport dan Ford New Fiesta ke pelanggan,” tuturnya, Selasa (26/1/2016). 

Dia memperkirakan kemungkinan FMI akan menunjuk perusahaan lokal untuk menangani bisnis sebelum menghentikan bisnisnya. Sebelumnya, FMI selaku prinsipal atau perusahaan cabang resmi dari Ford Motor Company di Indonesia, memegang kuasa penuh atas bisnis Ford di Indonesia.

Dengan demikian, dealer resmi pun mengikuti peraturan jual dari FMI selaku cabang resmi Ford Motor Company. Apabila nanti ada pihak lain yang ditunjuk sebagai agen pemegang merek ataupun agen tunggal pemegang merek, kemungkinan sistem jual juga akan berubah. 

“Kalau dari isi pemberitahuannya kan begitu. Tapi dijelaskan juga bahwa ada transisi, jadi sebelum benar-benar menghentikan bisnis mungkin akan ada pihak yang ditunjuk untuk mengurus masalah garansi, service, dan sebagainya,” jelasnya. 

Dia mengatakan kabar hengkangnya Ford dari Indonesia juga menimbulkan berbagai opini di masyarakat. Namun, dia tetap menjanjikan pelayanan yang prima kepada pelanggannya di Balikpapan dan sekitarnya sampai keputusan lebih lanjut diumumkan oleh FMI. 

“Ada yang bilang harga mobil bekasnya turun, ada juga yang bilang bakal langka, tergantung opininya masing-masing saja. Tapi yang jelas, kami selaku dealer resmi akan tetap melayani pelanggan, informasi lanjut juga akan kami sampaikan, jadi tidak usah khawatir,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper