Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

All New Yaris Dibanderol Rp224 Juta, Satu Kelas di Atas Yaris

Setelah sebelumnya meluncurkan All New Yaris di Jakarta dan Bandung, PT Toyota Astra Motor kini mulai masuk ke pasar Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara dengan menargetkan penjualan 400 unit per bulan.
All New Toyota Yaris/Bisnis.com
All New Toyota Yaris/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Setelah sebelumnya meluncurkan All New Yaris di Jakarta dan Bandung, PT Toyota Astra Motor kini mulai masuk ke pasar Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara dengan menargetkan penjualan 400 unit per bulan.

Joen Boediputra, Operation Manager Jatim Plus Toyota Auto2000, mengatakan melalui target penjualan medium hatchback All New Yaris tersebut diharapkan Auto2000 mampu meningkatkan kontribusi menjadi 15% terhadap penjualan secara nasional.

“Tahun lalu kontribusi Auto2000 Jawa Timur ini masih 14%, berharap bisa naik 1%,” katanya di sela-sela peluncuran Toyota All New Yaris di Surabaya, Sabtu (22/3/2014).

Rahmat Samulo, Direktur Marketing Toyota Astra Motor, mengatakan saat All New Yaris diluncurkan di Jakarta terdapat antrian yang akan melakukan pemesan yakni sekitar 200 unit, sedangkan di Bandung jumlah antrian mencapai 100 unit.

“Antusiasme konsumen ini kelihatan sekali setelah mereka melihat langsung bentuk desain, interior dan teknologinya,” ujarnya.

Dia mengatakan All New Yaris yang sudah bisa diproduksi di Indonesia ini awalnya hanya memproduksi 500 unit untuk disebar ke diler-diler di seluruh Indonesia, sedangkan pada April 2014 akan memproduksi untuk konsumen sebanyak 2.000 unit per bulan.

“All New Yaris ini satu kelas di atas Yaris sebelumnya, dan ini muncul untuk memenuhi keinginan konsumen yang melambangkan gaya hidup anak muda, apalagi kami sempat vakum 9 bulan tidak memproduksi Yaris,” ujar Rahmat.

Sebelumnya, kata Rahmat, Yaris diimpor dari Thailand sejak 2006-2013, tetapi All New Yaris dan 95% produk Toyota lainnya diproduksi di Indonesia, sedangkan 5% impor untuk jenis mobil mewah seperti Corolla, Camri, dan Alpard dengan jumlah yang tidak banyak.

“Kami tidak ingin hanya berjualan tetapi juga ingin mengembangkan industri otomotif di Indonesia. Setelah bisa memproduksi di sini, kecenderungan akan ada kesempatan untuk ekspor seperti yang sudah dilakukan Avanza, kami ekspor ke 27 negara sebanyak 118.000 unit tahun lalu,” jelas Rahmat.

Adapun kontribusi penjualan Toyota selama 2013 di antaranya Avanza sebanyak 200.000 unit, Kijang 70.000 unit, LCGC Agya 60.000 unit, Rush 35.000 unit, dan Fortuner 20.000 unit.

Dia menambahkan kondisi All New Yaris saat ini mengandung 60% komponen lokal, dan ke depan komponen lokal tersebut akan ditingkatkan menjadi 80%.

All New Yaris di Surabaya tersebut dipatok harga mulai Rp224,3 juta sampai Rp261,7 juta dari berbagai tipe yang terrsedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper