Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Murah Suzuki, Apa Kabar Wagon R?

Bisnis.com, JAKARTA—Empat pabrikan mobil, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, dan Nissan, sudah siap mengeruk potensi pasar otomotif domestik yang masih besar, terutama dari pembeli mobil pertama yang jumlahnya terus meningkat.
- Bisnis.com 17 September 2013  |  11:35 WIB
Mobil Murah Suzuki, Apa Kabar Wagon R?
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Empat pabrikan mobil, yakni Toyota, Daihatsu, Honda, dan Nissan, sudah siap mengeruk potensi pasar otomotif domestik yang masih besar, terutama dari pembeli mobil pertama yang jumlahnya terus meningkat.

Keempat pabrikan Jepang itu sudah merilis produk andalan mereka, Toyota Astra Agya, Daihatsu Astra Ayla, Honda Brio Satya, dan terakhir Nissan menghidupkan kembali merek Datsun yang akan diperkenalkan di Jakarta sore hari ini.

Dari keempat merek itu, sebenarnya ada satu lagi yang dikabarkan sudah siap meluncurkan mobil murah, yakni Suzuki. Pabrikan yang juga dari Jepang ini menyiapkan Wagon R sebagai dasar pengembangan mobil murahnya di Indonesia.

Namun, hingga kini Suzuki melalui PT Indomobil Suzuki International selaku agen tunggal pemegang merek belum juga menyampaikan rencana terkait dengan mobil murah itu. Peluncuran mobil itu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan digelar pada 19-29 September juga masih tanda tanya.

Padahal, mobil ini sudah didaftarkan di Kementerian Perindustrian sejak 11 Juni 2013. Suzuki mendaftarkan tiga varian mobil kategori penumpang 4x2 bermesin 1.000 cc dengan kode Suzuki AIJ30F GA, AIJ30F GL, AIJ30F GX untuk uji tipe.

Ketiga mobil itu bahkan sudah mengantongi tanda pendaftaran tipe dari instansi tersebut pada 20 Juni 2013. Berdasarkan data Kemenperin, Suzuki Indomobil Motor berencana memproduksi 9.842 unit mobil yang belum diketahui nama lokalnya itu, terdiri dari 480 unit tipe GX, 3.796 unit tipe GL, dan 5.566 unit tipe GA.

Dari data produksi itu dapat diketahui bahwa GA merupakan tipe standar citycar itu, GL tipe medium, dan GX tipe paling atas. Suzuki seharusnya mencantumkan nama lokal jika ingin mengikutsertakan mobil itu dalam program low cost and green car (LCGC) sehingga mendapatkan diskon 100% pajak penjualan barang mewah (PPnBM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil murah Suzuki Wagon R datsun
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top