Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jeep Wrangler, SUV Yang Mampu Blusukan Ke Mana-mana

Saat banjir melanda sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya beberapa bulan lalu, terlihat sejumlah mobil Jeep Wrangler berseliweran menerobos genangan air tersebut. Membantu evakuasi korban.

Saat banjir melanda sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya beberapa bulan lalu, terlihat sejumlah mobil Jeep Wrangler berseliweran menerobos genangan air tersebut. Membantu evakuasi korban.

Memang dari sononya Jeep Wrangler memiliki kemampuan blusukan, karena dibuat untuk berbagai macam petualangan, mulai dari alam bebas pegunungan hingga belantara beton perkotaan.

Walaupun untuk petualangan, tetapi kabin kendaraan sport utility vehicle premiun keluaran 2013 itu dirancang untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan. Sebab, interiornya cukup lapang dengan kursi kulit yang didesain mampu memberikan bantalan terbaik untuk menopang tubuh.

Terdapat dua pilihan mesin Jeep Wrangler dengan fitur modern untuk kenyamanan dan kemananan penumpang, yakni mesin bensin Pentastar 3.6 V6 DOHC berdaya maksimal 285 hp dan torsi 347 Nm, serta variable valve timing dan electronic throttle control guna menaikkan efisiensi bahan bakar.

Selanjutnya, bermesin disel 2.8 Common Rail Diesel (CRD) diesel, dengan menggunakan konfigurasi 4 silindeer, 2.8 L, DOHC, 16 V turbo diesel. CRD dengan tenaga maksimal 200 hp pada 3.600 Rpm dan torsi 460 Nm pada 1.600-2.600 Rpm.

Mesin diselnya telah mengalami penyesuaian terhadap kualitas solar di Indonesia yakni Bio Solar, termasuk yang berbahan bakar bensin juga sesuai dengan exhaust manifold sehingga ramah emisi, serta pemakaian material berkualitas agar getar mesin dapat diminimalisir.

"Jeep Wrangler relatif hemat bahan bakar, tetapi bertenaga besar dan torsi melimpah untuk performa kendaran harian yang lebih handal," kata Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global, ATPM Jeep Wrangler, di Jakarta belum lama ini.

Rieva menjelaskan Jeep Wrangler dibekali transmisi 5 speed automatic berfitur autostik sehingga memiliki efisiensi untuk menyalurkan daya mesin ke rangkaian penggerak roda. Dan rasio gear satu yang agresif untuk akselerasi yang menawan tanpa mengorbankan nilai ekonomis bahan bakar.

Hal itu juga untuk mengendalikan torsi mesin secara elektronik sehingga menghasilkan gerak yang lancar di setiap perpindahan gear. "Adapun fitur autostick menawarkan kepada pengemudi memilih gear secara manual," katanya.

Jeep Wrangler juga memiliki kelebihan pada bagian bawah rangka dipasang lembaran pelat baja setebal 3 mm guna melindungi komponen mesin, transmisi dan tangki bensin dari benturan batu dan permukaan lintasan yang kasar dan keras.

Dengan demikian Jeep Wrangler leluasa menempuh segala medan jalan, termasuk dengan rock-trac transfer case yakni peralihan gerak 4x4 shift on the fly dengan gear ratio 4:1 mampu untuk menanjak dan merayap secara luar biasa di segala medan yang terjal.

Untuk memberikan rasa percaya diri anda mengendarai di mana pun, Jeep Wrangler yang dibandrol off the road seharga Rp690 juta-R895 juta itu telah diuji dengan standar yang ketat dalam 5 kategori yaitu traction, articuation, maneuverability, ground clearance dan water fording.

Traction atau traksi membantu anda mempertahankan gerak maju mobil agar mudah dikendalikan saat memanjat bukit yang curam atau kubangan berlumpur. Selanjutnya articulation yakni sistem suspensi untuk medan on road atau off road, dengan adanya fungsi penggerak 4x4 rodanya.

Jeep Wrangler dengan kemampuan atletik untuk bergerak gesit menavigasi situasi sulit agar terhindar dari kerusakan bodi itu menjukkan telah memiliki maneuverability yang baik. Aspek Ground clearance terlihat pada fungsi maksimal menghadapi tanjakan dan turunan atau di puncak gundukan dan permukaan tidak rata.

Adapun kategori pengujian water fording pada Jeep Wrangler adalah kemampuanya melintasi air lebih baik berkat disempurnakannya sistem kelistrikan dan bodi serta lokasi intake yang tinggi, sehingga mampu menerobos genangan air hingga 50 cm.

Karena faktor ketangguhan water fording itulah selama terjadi banjir melanda Jakarta dan daerah sekitarnya, terlihat banyak Jeep Wrangler berlalu lalang menerobos genangan air untuk membantu para korban.

Bahkan dengan penampilannya yang lebih friendly, kini Jeep Wrangler juga digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, oleh kaum lelaki maupun perempuan, untuk ke tempat kerja hingga ke kantor. 

Penggerak daya

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mesin Bensin Disel

3.6 L DOHC V6 2.8 L, 4 Silinder

Petrol Pentastar Turbo CRD

 

Kapasitas (cu cm) 3.604 2.777

Tenaga 285 Hp/6.350 rpm 200 Hp/3.600 rpm

Torsi 342 Nm/4.300 rpm 460 Hp/1.600-2.600 rpm

 

Pintu 2/4 2/4

Sumbu roda 2.423/2.946 2.423/2.946

Jarak pijak depan belakang 1.572/1.572 1.572/1.572

Jarak terendah 254/256 254/256

Kedalaman lintasan air 508 508

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper