Tiga Alasan Indonesia Harus Masuk Era Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik sudah menjadi keniscayaan pada masa depan. Indonesia pun mulai mempersiapkan diri memasuki era kendaraan listrik.
Thomas Mola | 11 Juli 2018 22:50 WIB
Mobil listrik dihadirkan pada acara Kickoff Electrified Vehicle Comprehensive Study di Jakarta, Rabu (4/7/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Kendaraan listrik sudah menjadi keniscayaan pada masa depan. Indonesia pun mulai mempersiapkan diri memasuki era kendaraan listrik.

Putu Juli Ardika Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan mengatakan terdapat tiga alasan mengapa pemerintah mendorong Indonesia untuk masuk ke era elektrifikasi otomotif.

"Pertama ialah energy security atau alasan kemandirian energi," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Kedua, jelas Putu, ialah produk industri ke depan harus lebih ramah lingkungan. Kendaraan listrik menjadi salah satu alternatif transportasi yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Ketiga, bagaimana mendorong kedalaman komponen lokal pada produk-produk otomotif nasional sehingga memberikan manfaat yang besar bagi ekonomi nasional. "Kalau melihat road map kendaraan listrik sudah mempertimbangkan ketiga hal itu. Sudah diinisiasi sejak 2013 melalui kendaraan yang hemat energi," tambahnya.

Putu menyampaikan bahwa peluang mempercepat elektifikasi otomotif datang dari sepeda motor. Pasalnya, sepeda motor tidak serumit pengembangan mobil listrik. "Kalau sepeda motor berhenti, listrik ini berhenti, mobil tidak bisa karena tidak mungkin AC dimatiin," tambahnya.

Tag : Kendaraan Listrik, Baterai Mobil Listrik
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top