Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Premier di GIMS 2018, FIA Formula E Gen2 Punya Performa Berlipat

FIA Federasi International de L'Automobile akhir meluncurkan secara perdana global Mobil ABB FIA Formula E Championship all-electric di Genewa International Motor Show (GIMS) 2018, Selasa (6/3).
FIA Formula E Gen2. /fia.com
FIA Formula E Gen2. /fia.com

Bisnis.com, JAKARTA - FIA Federasi International de L'Automobile akhirnya meluncurkan secara perdana global Mobil ABB FIA Formula E Championship all-electric  di Genewa International Motor Show (GIMS) 2018, Selasa (6/3).

Berjuluk FIA Formula E Gen2, mobil baru yang menarik perhatian ini akan berlaga dalam tiga musim mendatang Formula E, dimulai dengan musim kelima di akhir 2018.

Peluncuran mobil secara resmi dilakukan oleh bersama Presiden FIA Jean Todt, Pendiri dan CEO Formula E Alejandro Agag, dan tamu istimewa 'lengan robot' yang dipasok oleh mitra juara kelas ABB.

Untuk pertama kalinya, konsep desain diciptakan oleh FIA, yang mempertemukan para perancang dan insinyur terkemuka dunia untuk berkolaborasi dan menciptakan FIA Formula E Gen2. Mobil ini memiliki identitas yang jelas dan unik - berada dalam kategori single-seater maupun prototipe standar, namun ia menciptakan ruang barunya sendiri di lanskap motor sport.

Spesifikasi teknis juga telah dikonfirmasi, dengan mesin generasi mutakhir ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dalam kinerja dan efisiensi sejak balapan Formula E pertama empat tahun lalu.

Prestasi terbesar adalah melipatgandakan performa mobil - yang berarti tidak perlu lagi balapan mobil mid-race - sementara membuatnya lebih kuat dalam jarak tempuh penuh.

Output daya maksimum sekarang 250kW - meningkat 50kW yang kemungkinan akan melihat percepatan dari penurunan 0-100kph dalam 3 detik menjadi hanya 2,8 detik, dan kecepatan tertinggi potensial 280kph.

Mobil Gen2 juga dilengkapi dengan ban Michelin Pilot Sport all-weather terbaru, yang dirancang khusus untuk tuntutan unik balap jalanan mobil listrik. Tidak hanya ban yang lebih ringan dari pada pendahulunya, namun juga memiliki ketahanan rolling yang jauh lebih rendah dan desain grafis baru.

Presiden FIA, Jean Todt, mengatakan "Formula FIA E Gen2 benar-benar terlihat seperti mobil masa depan. Sangat menggembirakan melihat kemajuan yang dicapai hanya dalam 4 tahun - untuk melipatgandakan jangkauan mobil dan meningkatkan output daya adalah hasil usaha yang hebat. Dengan dukungan dari begitu banyak produsen, Formula E akan terus mendorong pengembangan teknologi kendaraan listrik, dan mempromosikan mobilitas berkelanjutan di banyak kota di seluruh dunia."

Direktur Teknik FIA Gilles Simon mengatakan, "Sangat fantastis untuk akhirnya menunjukkan kepada orang-orang FIA Formula E Gen2. Proyek ini sangat kolaboratif, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di FIA, dan semua mitra teknis dan pemasok resmi atas kerja tak kenal lelah untuk membuat mobil ini menjadi kenyataan. Hasilnya adalah mobil yang setiap orang bicarakan dan itu mencapai semua tujuan teknis yang kita tetapkan."

Dia mengatakan bahwa Formula E adalah misi yang menarik dari perspektif teknis yang memberikan kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan hal lain dalam olahraga motor, dan mengembangkan teknologi inovatif di garis depan revolusi listrik yang sedang terjadi di industri otomotif sangat menarik.

"Untuk membuat sesuatu yang lebih cepat dengan efisiensi dua kali lipat merupakan tantangan besar, dan saya pikir ini akan menjadi sangat spektakuler saat dibutuhkan ke trek di musim kelima."

Pendiri dan CEO Formula E Alejandro Agag mengatakan, "Ini adalah pertama kalinya saya melihat mobil lengkap dalam daging dan bahkan lebih ramping dan spektakuler dari dekat. Jika Anda menggambar mobil balap dari nol dan mendasarkannya pada penampilannya, Anda akan menemukan hanya desain ini saja."

Menurut dia, FIA Formula E Gen2 tidak hanya mencolok di mata, tetapi kinerja dan jangkauannya menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam hal pengembangan teknologi hanya dalam waktu empat tahun.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih pribadi saya kepada FIA dan Presiden Jean Todt, atas kerja keras dan dukungan mereka dalam menyusun dan merancang mobil Gen2 kami. Model ini secara visual membedakan Formula E dari motor sport tunggal lainnya saat ini. Ketika orang melihat mobil ini mereka akan mengatakan itu Formula E, ini masa depan."

World Premier di GIMS 2018, FIA Formula E Gen2 Punya Performa Berlipat


Data teknis
- Tipe Kendaraan: Prototipe
- Bahan Bakar: Listrik
- Tipe penggerak: Roda belakang
- Transmisi: Manual & Otomatis (berurutan)
- Jumlah roda gigi: Otomatis
- Konsumsi rata-rata dalam campuran (l/100km): NA
- Emisi CO2 (g/km): NA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper