Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Sienta, Digadang-gadang Jadi Mobil Idola Baru

Seperti halnya mobil lain, produk ini juga tidak terlepas dari sejumlah kekurangan. Namun dengan sederet kelebihannya, Sienta digadang-gadang oleh Toyota menjadi mobil idola baru para penggemar otomotif di Tanah Air.
Toyota Sienta/
Toyota Sienta/

PAGI hari itu, 22 Juli, pasangan selebriti Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto, sudah harus beranjak keluar dari rumah. Keduanya harus bergegas menuju Kota Kembang Bandung untuk bergabung dengan puluhan jurnalis peserta Journalist Test Drive All New Sienta.

Kehadiran Atiqah dan Rio, sudah dinanti-nanti lantaran posisinya sebagai brand ambassador dari salah satu produk terbaru Toyota, multi activity vehicle (MAV) All New Sienta atau Toyota Sienta.

Dan benar saja, perhatian jurnalis langsung tertuju kepada keduanya. Beberapa jurnalis menanyakan hal-hal ringan diantaranya ihwal keterlibatan keduanya dalam film mini seri bertitel Love In Trap yang mengambil lokasi syuting di Jakarta dan Tokyo tersebut.

Toyota Sienta, Digadang-gadang Jadi Mobil Idola Baru


Bisnis.com yang juga mengikuti acara test drive, awalnya penasaran dengan hubungan antara film, Atiqah-Rio dengan produk baru keluaran Toyota tersebut. Ternyata, usut demi usut film pendek itu mengisahkan 'jatuh cinta'-nya Atiqah dan Rio terhadap Toyota Sienta.

"Bagi kami berdua, jenis mobil ini sangat mengena dan membantu kami melewati kegiatan sehari-hari yang padat aktivitas dari satu satu tempat ke tempat lain," kata Atiqah dalam testimoninya.

Dua sosok calon pengguna, Hanifa Ambadar (CEO Female Daily Network) dan Leonard Theosabrata(Indoestri Makerspace) memberikan penilaian serupa.

"Cocok sih untuk saya, selain bisa digunakan untuk kegiatan bisnis sehari-hari, di akhir pekan bisa digunakan untuk berliburan bersama anak-anak," kata Hanifa.

Leonard sendiri terus terang sudah kepincut. "Kalau harganya kompetitif dengan produk sejenis di kelasnya, saya pilih yang ini dong".

Testimoni keempat tokoh publik itu, serasa mewakili antusiasme pasar terhadap produk ini. Sejak diluncurkan pertama kali ke publik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada April lalu, mobil ini kebanjiran pemesanan. Pada 26 Juli lalu, sebanyak 2.600 unit sudah didistribusikan ke konsumen se-Indonesia.

Apa yang membuat mobil ini memiliki magnet dahsyat?

Kepala Proyek Toyota Sienta Toyota Motor Corporation, Hiroki Sunouchi yakin Toyota Sienta akan mendapat respons hangat dari konsumen di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Toyota All New Sienta menggunakan mesin Toyota generasi terbaru dengan teknologi terbaru, NR-Engine, yang diproduksi secara lokal di pabrik baru Toyota Karawang 3. Di luar Jepang, Indonesia merupakan negara pertama yang dipercaya Toyota Motor Corporation menjadi basis produksi Toyota Sienta.

Toyota Sienta didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, tidak terbatas hanya fungsional tetapi juga memiliki desain modern dan dinamis.

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi a.l. power sliding door, dive-in seat, transmisi CVT 7 speed transmision, kapasitas 7 penumpang, style yang berbeda dari multi purpose vehicle (MPV) pada umumnya.

Model ini juga menawarkan life style yang unik serta teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan pasar di Tanah Air. Untuk menyesuaiakan dengan kondisi geografis di Tanah Air, spesifikasi Sienta pun menyesuaikan diri, salah satunya ground clearance yang dibuat menjadi 170mm atau 25mm, lebih tinggi dari ground clearance Sienta di Jepang.

Sienta hadir dalam 7 varian yakni E (manual dan matik), G (manual dan matik), V (manual dan matik) dan Q yang ditopang mesin teknologi baru, NR Engine, generasi terbaru engine modern yang dibuat putra-putri Indonesia. Produk ini dibanderol di harga Rp230 juta - Rp295 juta on the road (OTR) Jabodetabek.

Keunggulan Fitur

Toyota Sienta, Digadang-gadang Jadi Mobil Idola Baru

Gandhi Ahimsa Putra dari product knowledge PT Toyota-Astra Motor mengklaim di kelasnya Sienta memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil lain a.l. desain reverse floating roof yang memberikan tampilan aktif dan modern, untuk tipe tertentu memiliki 2 kombinasi  - warna gelap dan terang -  sebagai kebebasan konsumen untuk melakukan pilihannya.

Kemudian, dilengkapi dengan cooler storage, seat-under tray dan coin roller, flat screen 7” head unit yang memiliki multi fungsi dan multi entertainment (bluetooth, USB, airplay, miracast dan voice command).

Pada tipe Q, paparnya, layar MID berukuran 4.2” dengan teknologi TFT yang dapat memberikan informasi yang lebih interaktif dan playfull.

"Layar MID ini memiliki animasi yang dapat menyapa saat memulai, salah satunya menyapa sesuai dengan waktu sehingga memberikan informasi yang friendly. Juga dilengkapi dengan animasi birthday reminder yang dapat menyimpan sampai 5 user".

Selain itu, Sienta dilengkapi dengan dual power sliding door (tipe Q & V) dengan anti-jam protection dan buzzer.

"Fitur dual power sliding door dapat dioperasikan melalui tombol di dashboard dan remote, sehingga memberikan kemudahan saat akses keluar-masuk penumpang. Dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya yang membuat anda jatuh cinta pada mobil ini," ujarnya berpromosi.

Seperti halnya mobil lain, produk ini juga tidak terlepas dari sejumlah kekurangan. Namun dengan sederet kelebihannya, Sienta digadang-gadang oleh Toyota menjadi mobil idola baru para penggemar otomotif di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper