Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Truk Ringan dan Sedang Bisa Tumbuh 10%

Peluang pertumbuhan penjualan kendaraan niaga berupa truk hanya terbuka untuk truk ringan dan sedang. Penjualannya pun lebih banyak terserap ke sektor infrastruktur.

Bisnis.com, JAKARTA—Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi berpendapat peluang pertumbuhan penjualan kendaraan niaga berupa truk hanya terbuka untuk truk ringan dan sedang. Penjualannya pun lebih banyak terserap ke sektor infrastruktur.

“Terserap di infrastruktur mungkin lebih dari 50%. [Tambang lesu] dan pembukaan lahan untuk perkebunan dan kehutanan berkurang jadi penjualan kesini juga berkurang,” ucapnya kepada Bisnis, Senin (21/4/2014).

Penjualan truk kelas berat di atas 24 ton diperkirakan tetap lesu lantaran bisnis pertambangan belum pulih. Kondisi ini tak bisa disiasati dengan cara apapun oleh produsen truk.

Setidaknya, mereka cuma bisa menggeser fokus bisnis ke truk ringan dan sedang yang bisa terserap ke sektor infrastruktur dan logistik.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat selama kuartal I/2014 truk ringan (light truck 5 – 10 ton) terjual 28.578 unit, kelas sedang (medium truck 10 – 24 ton) laku 2.567 unit, dan yang berat (heavy truck >24 ton) terjual 4.556 unit.

Penjualan truk kelas ringan dan sedang berpeluang tumbuh sekitar 10%, kata Budi, sejalan dengan bertambahnya anggaran untuk proyek infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper