Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Gandeng Karoseri Lokal, Hilux Rangga Disulap Jadi Ambulans hingga Damkar

Toyota menggandeng perusahaan karoseri lokal yang bisa modif Hilux Rangga jadi ambulans hingga damkar
Toyota Gandeng Karoseri Lokal, Hilux Rangga Disulap Jadi Ambulans hingga Damkar / Bisnis - Rizky Rajendra
Toyota Gandeng Karoseri Lokal, Hilux Rangga Disulap Jadi Ambulans hingga Damkar / Bisnis - Rizky Rajendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan kendaraan niaga terbaru Hilux Rangga. Namun, Toyota Hilux Rangga dapat dimodifikasi menjadi berbagai tipe kendaraan.

Perlu diketahui, Toyota berkolaborasi dengan sekitar 70 perusahaan karoseri lokal yang dapat mengonversi Hilux Rangga menjadi berbagai model kendaraan sesuai kebutuhan, seperti mobil penumpang SUV, food truck, camper van, hingga ambulans.

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan setiap karoseri memiliki spesialisasi dan segmentasinya masing-masing untuk mendorong pertumbuhan industri karoseri lokal dan memastikan Hilux Rangga dapat memenuhi beragam kebutuhan bisnis yang lebih spesifik.

"Konversi All-New Hilux Rangga tidak hanya sebagai mitra bisnis seperti mobil toko, tetapi juga mendukung layanan pemerintahan seperti ambulans, bank berjalan, damkar, serta bagian dari gaya hidup pelanggan seperti camper van," jelas Anton di Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan, Toyota juga akan membantu mengurus dari aspek legalitas kendaraan tersebut jika dikonversi ke model atau tipe yang berbeda. 

"Kami sudah persiapkan saat homologasi, cab dan sasis bisa diubah untuk penumpang atau barang. Konsep SUV, transportasi, sudah kami siapkan SRUT [Sertifikat Registrasi Uji Tipe] juga," katanya.

Diler resmi Toyota akan menjembatani kebutuhan konversi Hilux Rangga tipe Standard C&C (Cab & Chassis) bensin atau diesel akan dipakai sebagai model khusus konversi. PT TAM juga akan melakukan proses quality control setelah konversi selesai.

Mengenai biaya, lanjut Anton, sangat tergantung pesanan pelanggan, dibuat seperti apa mobilnya dan apa saja fitur-fitur yang dipasang. Khususnya kalau ada pemasangan fitur-fitur canggih berbasis Internet of Things (IoT) yang sedang tren. 

"Karena itu, body builder memberikan ruang diskusi yang luas kepada pelanggan terkait budget konversi All-New Hilux Rangga," pungkasnya.

Menilik spesifikasinya, Hilux Rangga diluncurkan dalam dua varian yakni diesel dan bensin. Untuk varian bensin dibekali mesin 2.000 cc, sedangkan varian diesel menggendong mesin 2.400 cc.

Berbekal dapur pacu tersebut, Hilux Rangga varian diesel diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 149 PS, dan torsi 343 Nm. Sementara itu, varian bensin dapat menghasilkan tenaga 139 PS dan torsi 183 Nm.

Berbicara soal harga, Toyota Hilux Rangga varian terendah yakni Cab-Chassis 2.0 Standard M/T gasoline dibanderol seharga Rp 188,7 juta. Sementara itu, varian tertingginya yakni Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High A/T berbahan bakar diesel seharga Rp 304,5 juta.

Sejauh ini, TAM masih mengimpor utuh (completely built up/CBU) produk Hilux Rangga dari Thailand. Namun, melalui kerja sama dengan karoseri lokal, maka akan memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper