Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menilik Maung Pindad yang Dipakai Paus Fransiskus, Bisa Dipesan Warga Sipil?

Maung Pindad MV3 akan dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK. Apakah bisa dipesan warga sipil?
Maung MV3 'Pope Mobile' yang akan digunakan Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (5/9/2024)./Istimewa
Maung MV3 'Pope Mobile' yang akan digunakan Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (5/9/2024)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pindad (Persero) telah memproduksi kendaraan taktis (rantis) Maung MV3 'Popemobile' yang dipakai Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (5/9/2024).

Perlu diketahui, Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan telah dimodifikasi khusus untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus.

Secara sekilas, tampilan luar Maung MV3 itu tampak mirip dengan mobil sport utility vehicle (SUV) mewah Jeep Rubicon. Masyarakat tentu bertanya-tanya, apakah Maung MV3 dapat dipesan oleh warga sipil atau tidak.

Corporate Communication Executive PT Pindad (Persero) Ryan Prasastyo mengatakan, sejauh ini perseroan hanya memproduksi Maung untuk kebutuhan kendaraan taktis personel TNI sehingga mobil itu belum bisa dipesan untuk warga sipil untuk saat ini.

"Produksi [Maung] masih untuk memenuhi pesanan Kementerian Pertahanan untuk TNI, sedangkan untuk sipil belum ya," ujar Ryan saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (5/9/2024).

Kendati demikian, dia belum dapat membeberkan secara terperinci mengenai berapa unit Maung yang sudah dipesan untuk kebutuhan aparat TNI tersebut.

Dia menjelaskan, setelah generasi pertama Maung, Prabowo meminta beragam inovasi dan perbaikan hingga akhirnya Pindad meluncurkan generasi ketiga (MV3) yang memiliki kelebihan dari segi bodi tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem. 

Maung MV3 varian Tangguh ini juga lah yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Adapun, Maung MV3 'Pope Mobile' berkelir putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta pelat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” atau Negara Kota Vatikan.

Secara umum, spesifikasi kendaraan Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. MV3 - Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut empat orang personel. 

Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya yakni Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap hard top, dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap soft top.

Sementara itu, modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile yaitu penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper