Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Fransiskus Akan Naik Maung Pindad Berpelat SCV 1, Ini Artinya

Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia menggunakan Maung Pindad berpelat SCV 1
Tangkapan layar popemobile yang akan digunakan Paus Fransiskus buatan PT Pindad (Persero)/@herryabemali
Tangkapan layar popemobile yang akan digunakan Paus Fransiskus buatan PT Pindad (Persero)/@herryabemali

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus menggunakan kendaraan taktis Maung yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Kendaraan yang digunakan pimpinan tertinggi Gereja Katholik Roma ini biasa disebut popemobile

Namun, yang mencuri perhatian adalah popemobile  tidak menggunakan pelat nomor pada umumnya, melainkan pelat itu bertuliskan SCV 1.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, memperlihatkan mobil Maung berkelir putih dengan pelat SCV 1 sedang diuji coba di sebuah bengkel besar, sebelum nantinya digunakan oleh Paus yang telah 11 tahun memimpin Takhta Suci Vatikan itu.

Melansir laman Indonesia.go.id yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), SCV merupakan singkatan dari bahasa Latin yakni Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. 

Sementara itu, angka 1 di belakang kemungkinan menandakan bahwa Paus Fransiskus merupakan seorang pemimpin atau tokoh yang dihormati di Vatikan.

Adapun, Maung yang khusus dirancang untuk membawa Paus Fransiskus berkeliling stadion menyapa umatnya itu berdesain semi-terbuka dengan penutup khusus di bagian depan. Sementara di bagian belakang terdapat pintu dan tangga kecil yang bisa digunakan Paus Fransiskus sebagai akses naik-turun kendaraan.

Spesifikasi Popemobile Pindad

Menilik spesifikasinya, mobil Maung buatan PT Pindad itu, merupakan kendaraan taktis (rantis) angkut personel ringan untuk mendukung operasi di medan sulit. Kendaraan yang diproduksi di Bandung, Jawa Barat tersebut memiliki panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter.

Maung dapat mengangkut 4 penumpang dan ditenagai oleh mesin diesel berkekuatan 1.900 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 tenaga kuda. Mobil tempur ini dapat melaju hingga 650 kilometer (km) dan melaju pada kecepatan maksimal 120 km per jam.

Maung Pindad Siap Diproduksi Massal

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto akan memproduksi massal kendaraan taktis, Maung buatan lokal oleh PT Pindad (Persero).

Sebagai pengingat, pada tahun lalu Prabowo Subianto menyatakan pabrik-pabrik manufaktur di Indonesia akan memproduksi mobil buatan dalam negeri, dengan nama Maung.

"Kita mau pabrik-pabrik manufaktur semua di Indonesia tidak hanya dari luar negeri kita mau bikin mobil di Indonesia," katanya, dalam kegiatan Prabowo Menyapa, pada Minggu (9/7/2023). 

Dia menjelaskan saat mengajukan nama kepada Presiden Jokowi, disarankan untuk memilih nama yang sederhana saja, dan nama Maung yang dipilih, yang artinya harimau. Nama Maung dipilih karena pabrik manufaktur untuk memproduksi mobil buatan dalam negeri berada di Jawa Barat. 

Sebelumnya, pada 25 Oktober 2023 Maung sempat digunakan untuk mengantar pasangan Prabowo-Gibran mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Teranyar, Maung juga digunakan untuk mengantar duplikat bendera pusaka saat kirab menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Sabtu (10/8/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler