Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Lesu, Toyota Sesuaikan Harga Mobil Fortuner dan Land Cruiser

Toyota masih berupaya untuk mempertahankan harga pada model-model dengan volume penjualan yang tinggi, terutama pada model produksi lokal.
Prototipe Toyota Land Cruiser 70  dipamerkan  di Tokyo, Jepang, pada Selasa, 2 Agustus 2023. Toyota akan menghadirkan Land Cruiser/ Akio Kon/Bloomberg
Prototipe Toyota Land Cruiser 70 dipamerkan di Tokyo, Jepang, pada Selasa, 2 Agustus 2023. Toyota akan menghadirkan Land Cruiser/ Akio Kon/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan penyesuaian harga untuk produk yang diimpor secara utuh atau completely built up (CBU) seperti Fortuner dan Land Cruiser 300 seiring adanya faktor perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Adapun, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS telah menembus level Rp16.000 sejak akhir April 2024. Hingga saat ini, rupiah juga belum mampu turun ke bawah Rp16.000 per dolar AS.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, perusahaan berupaya berupaya untuk melakukan penyesuaian pada model-model CBU.

Secara rinci, dia menyebut harga untuk Toyota Fortuner meningkat Rp3,5 juta, Land Cruiser 300 naik Rp36,6 juta, Hiace naik Rp2,5 juta, Ace naik Rp4,6 juta, dan Voxy naik Rp6,7 juta.

Sejauh ini, Toyota masih berupaya untuk mempertahankan harga pada model-model dengan volume penjualan yang tinggi, terutama pada model produksi lokal. Adapun, Fortuner menjadi satu-satunya model produksi lokal yang harganya dikerek oleh Toyota.

“Salah satu alasannya memang adalah exchange rate saat ini ya,” katanya kepada Bisnis, Senin (1/7/2024).

Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, impor untuk Land Cruiser 300 Gr-S mencapai 262 unit, sedangkan Land Cruiser 300 Vx-R sebanyak 317 unit sepanjang Januari–Mei 2024.

Selanjutnya, untuk Hi-Ace Commuter Hi Grade telah didatangkan sebanyak 996 unit, dan Hi-Ace 2.8 Premio sejumlah 171 unit. Sementara untuk Toyota Voxy 2.0 Cvt hanya ada 2 unit yang didatangkan sepanjang Januari–Mei 2024.

Berikut adalah Harga Harga OTR mobil Toyota untuk DKI Jakarta, Bekasi, Banten per 1 Mei 2024

Fortuner GR Sport: mulai dari Rp570,2 juta
Land Cruiser 300: mulai dari Rp2,54 miliar
Hi-Ace Commuter: Rp564,8 juta
Hi-Ace Premio: Rp659,7 juta
Voxy: mulai dari Rp615 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper