Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota HiLux Laris Manis di Tambang Kalimantan

Penjualan kendaraan niaga pick-up Toyota HiLux mayoritas banyak untuk kebutuhan operasional tambang di Kalimantan
New Hilux  Single Cabin Diesel./Foto Toyota
New Hilux Single Cabin Diesel./Foto Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyebut penjualan kendaraan niaga pick-up HiLux didominasi wilayah Kalimantan untuk kebutuhan operasional tambang.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, merek asal Jepang ini memiliki beberapa opsi untuk kendaraan niaga mulai dari single cabin hingga double cabin dengan opsi penggerak 4x2 dan 4x4.

Sementara itu, mayoritas konsumen ritel disebut cenderung memilih opsi 4x4. Hal ini tercermin dari komposisi penjualan ritel yang sekitar 85% berasal dari opsi 4x4.

“Kebanyakan sektor tambang baik itu yang melakukan pembelian retail maupun rental. Sementara untuk daerahnya sendiri sebagian besar dari Kalimantan ya karena memang industrinya tumbuh di sana,” tuturnya kepada Bisnis, Kamis (27/6/2024).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan HiLux Single Cabin dari Toyota mencapai 737 unit pada Januari-Mei 2024, turun 43,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1.312 unit.

Sementara untuk HiLux Double Cabin telah terkirimkan kepada jaringan diler sebanyak 3.574 unit sepanjang Januari–Mei 2024. Secara keseluruhan, penjualan kendaraan niaga dari Toyota mencapai 4.341 unit secara wholesales, sedangkan ritel sebanyak 4.838 unit.

“Memang ada koreksi yang cukup signifikan dibanding tahun lalu pada periode yang sama karena secara overall market juga mengalami koreksi,” katanya.

Adapun, Toyota juga tengah mempersiapkan produk HiLux Rangga yang disebut bakal meluncur dalam waktu dekat. Toyota disebut telah mendapatkan cukup banyak wawasan serta apresiasi dari pasar kendaraan niaga terkait dengan Rangga. 

Toyota Rangga yang akan dipasarkan nantinya merupakan produk yang unik dan penting untuk bisa menyesuaikan kebutuhan para calon konsumen. Hal ini termasuk kesiapan ekosistem pendukung seperti layanan purna jual atau after-sales.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS pada 18-28 Juli 2024, Toyota juga akan menampilkan HiLux Rangga yang dapat dijajal langsung oleh para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper