Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

14 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Perhatikan Bagian Ini!

Mobil bekas kini banyak ragam, harga dan modelnya. Berikut tips membeli mobil bekas bagi pemula, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan.
Sebelum membeli mobil bekas, perhatikan tips membeli mobil bekas berikut dan bagian mobil yang harus diperhatikan khusus. Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sebelum membeli mobil bekas, perhatikan tips membeli mobil bekas berikut dan bagian mobil yang harus diperhatikan khusus. Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli mobil baru tentu lebih aman daripada membeli mobil bekas. Namun bukan berarti membeli mobil bekas tidak dianjurkan. Cukup perhatikan tips membeli mobil bekas dan teliti pada bagian penting, supaya mendapatkan mobil bekas kondisi prima.

Kebutuhan menggunakan kendaraan mobil pribadi saat ini semakin tinggi. Kebutuhan ini bisa dijawab dengan pilihan membeli mobil baru atau mobil bekas yang semakin beragam. 

Sebagai pemula, membeli mobil bekas pertama kali merupakan pengalaman yang menarik sekaligus menantang. Memilih mobil tentu membutuhkan pemikiran dan perencanaan agar mobil yang didapatkan cocok dan sesuai kebutuhan.

Berbicara tentang mobil bekas, saat ini peminat kendaraan otomotif kian tinggi, sehingga konsumen pasar mobil bekas pun semakin menggeliat bersamaan dengan peningkatan penjualan mobil baru. Berbagai cara dilakukan untuk membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak membeli mobil bekas? Ada beberapa tips untuk membeli mobil bekas bagi pemula yang bisa dilakukan.

1. Menyiapkan Anggaran

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki saat hendak membeli. Tentukan anggaran realistis dengan mengetahui harga mobil bekas yang diinginkan, dengan begitu sobat bisnis bisa mendapatkan mobil bekas sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Menentukan Jenis Mobil yang Dibutuhkan

Selanjutnya tips membeli mobil bekas bagi pemula yang utama yaitu mengerti jenis mobil dan tipe mobil yang dibutuhkan. Pasalnya setiap jenis kendaraan mobil yang diproduksi pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. 

Selain menentukan pilihan berdasarkan kebutuhan, pertimbangkan juga medan yang hendak dilalui. Misalnya hatchback dan city car yang memiliki body ramping sehingga cocok digunakan untuk perkotaan. 

3. Survei Sebelum Membeli

Saat memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan survei secara langsung ke dealer. Ini merupakan cara efektif  untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. 

4. Mencari Mobil Bekas yang Berkualitas Prima

Meskipun memilih untuk membeli mobil bekas, namun opsi cerdas untuk memiliki kendaraan dengan kualitas prima adalah sebuah keharusan. Sobat bisnis bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas prima dari beberapa merk mobil seperti, Honda Mobilio, Toyota Avanza, Honda Jazz hingga Nissan Grand Livina.

5. Melakukan Test Drive

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas adalah melakukan test drive. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mobil yang akan dibeli masih layak digunakan atau tidak.

Pengetesan ini bisa dilakukan mulai dari kemampuan kendaraan saat berada pada berbagai kondisi jalan, tingkat kecepatan laju kendaraan, posisi duduk, respon pedal gas atau rem, ayunan suspensi saat melewati tanjakan, hingga perpindahan transmisi mobil. 

6. Cek Dokumen Kendaraan

Kemudian, ketika hendak membeli mobil bekas pastikan surat-surat mobil yang dibeli lengkap. Dokumen-dokumen yang perlu diperiksa antara lain, STNK,BPKB,  dan surat-surat lainnya. 

7. Menyiapkan Biaya Perawatan

Tips membeli mobil bekas bagi pemula yang terakhir adalah menyiapkan dana tambahan untuk biaya perawatan dengan kisaran 5 sampai 10 persen dari harga pembelian. Meski masih berkualitas baik, mobil bekas tetap perlu diperiksa saat berpindah tangan lantaran sudah pernah digunakan sebelumnya. 

Langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan mengganti seluruh cairan pelumas mobil, misalnya oli mesin, oli persneling, minyak rem hingga oli gardan. Tak hanya itu, di bagian eksterior maupun interior harus dibersihkan untuk menghilangkan bekas kotoran pada mobil. 

Bagian yang Harus di Perhatikan saat Membeli Mobil Bekas

1. Mesin Mobil

Periksa kondisi mesin, termasuk pengecekan mesin dalam, rembesan oli atau bensin, getaran mesin, suara mesin saat dinyalakan, dan apakah tercium bau yang mencurigakan.

2. Bodi Mobil

Pastikan bodi mobil bersih dari karat, keropos, atau bekas tabrakan yang dapat mengindikasikan kerusakan struktural.

3. Interior Mobil

Perhatikan keadaan interior mobil termasuk kondisi jok, dashboard, dan kelengkapan fitur interior seperti AC, audio, dan lainnya.

4. Dokumen Mobil

Pastikan kelengkapan dokumen mobil seperti BPKB, STNK, dan faktur pembelian agar terjamin keaslian dan kelegalitasan mobil tersebut.

5. Oli Mesin

Periksa kondisi oli mesin apakah bocor atau tidak, serta perhatikan apakah terdapat kebocoran oli di bawah mobil.

6. Sistem Kelistrikan

Uji sistem kelistrikan mobil termasuk lampu, klakson, power window, dan fitur-fitur kelistrikan lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

7. Kaki-kaki Mobil

Periksa kondisi ban, suspensi, dan rem mobil untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Menjalankan pemeriksaan menyeluruh pada bagian-bagian di atas akan membantu Anda memilih mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, sobat bisnis sudah bisa membeli mobil bekas dengan kualitas tinggi. Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang baik dengan memastikan mobil yang dibeli memenuhi kebutuhan dan kriteria. (Maria Jessica Elvera Marus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper