Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Baru Astra (ASII) Tancap Gas, Bagaimana Nasib Bisnis Mobil Bekas?

Grup Astra (ASII) meyakini potensi pasar penjualan mobil bekas di Indonesia masih sangat tinggi di tengah gempuran permintaan konsumen terhadap mobi
PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Vios di Indonesia - BISNIS/Anshary Madya Sukma.
PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Vios di Indonesia - BISNIS/Anshary Madya Sukma.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) masih memimpin pangsa pasar penjualan mobil baru di Indonesia sebesar 55 persen. Kendati demikian, Grup Astra juga optimistis lini bisnis penjualan mobil bekas masih memiliki prospek cerah di Indonesia.

Sebagai informasi, ASII memiliki sektor bisnis mobil bekas yaitu mobil88, anak usaha PT Serasi Autoraya yang didirikan 11 November 1988. Selain itu, Astra memiliki platform digital jual-beli mobil bekas bernama Mobbi.

Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti mengatakan potensi pasar penjualan mobil bekas di Indonesia masih sangat tinggi, di tengah gempuran permintaan konsumen terhadap mobil baru.

"Kami meyakini pasar mobil bekas masih potensial karena market-nya masih besar, jadi selain demand untuk kendaraan baru, saya rasa demand untuk mobil bekas juga tetap tinggi. Tak hanya di kota-kota besar, di luar Pulau Jawa pun pasarnya masih besar," ujarnya dikutip dari kanal YouTube Indonesia Investment Education Minggu, (18/6/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun penjualan mobil bekas dari mobil88 maupun pemain mobil bekas lainnya tidak mencerminkan keseluruhan pasar dan tidak ada statistik penjualan resminya, namun Grup Astra masih yakin potensi bisnis mobil bekas cerah. Bahkan, Astra juga melayani konsumen yang ingin melakukan jual beli mobil bekas.

"Kalau konsumen Astra beli kendaraan di kami itu kami pikirkan dari pre-sales sampai post-sales nya. Jadi setelah menggunakan mobil sekian tahun dan mau ganti baru, kami bisa bantu," katanya.

Menilik laman resmi Mobbi.id, beberapa mobil bekas yang dijual telah mendapatkan sertifikasi Mobbi Certified yang terbagi dalam tiga grade. Grade A untuk kondisi mobil yang seperti baru, Grade B untuk kondisi mobil yang sangat baik, dan Grade C untuk kondisi mobil yang baik.

Tak hanya menjual mobil dari Grup Astra, platform Mobbi juga tersedia berbagai merek lainnya. Misalnya, Suzuki XL7 Alpha 2021 Grade A dibanderol Rp246 juta, Honda HR-V 2016 Grade B dibanderol Rp245 juta, hingga Nissan Serena HWS 2017 Grade C yang dibanderol Rp240 juta.

Di lain sisi, untuk penjualan mobil baru ASII masih memimpin pangsa pasar penjualan mobil di Indonesia sebesar 55 persen secara kumulatif periode Januari-Mei 2023.

"Astra berupaya mempertahankan pangsa pasar perusahaan setidaknya 50 persen atau separuh dari penjualan mobil nasional," ujar Boy kepada Bisnis, dikutip Minggu, (18/6/2023). 

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil Grup Astra pada Mei 2023 tembus 46.873 unit. Angka tersebut didapatkan dari penjualan berbagai merek mobil Astra seperti Toyota, Lexus, Daihatsu, Isuzu, UD trucks, hingga Peugeot.

Secara keseluruhan, sepanjang Januari hingga Mei 2023, penjualan mobil ASII tembus 231.596 unit. Adapun, capaian tersebut naik 9,31 persen yoy dibandingkan periode sama tahun 2022 sebanyak 211.859 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper