Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Ini, Honda dan Cathay Pacific Pertama Kali Berdiri

75 tahun sudah perusahaan otomotif asal Jepang Honda berdiri, simak sejarahnya
Logo Honda di gedung Pabrik Karawang, Jawa Barat. /KEMENPERIN
Logo Honda di gedung Pabrik Karawang, Jawa Barat. /KEMENPERIN

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 24 September 2023 merupakan tanggal kelahiran dua perusahaan raksasa dunia.

Pertama adalah perusahaan asal Jepang Honda yang sudah berdiri selama 75 tahun sejak 1948 lalu.

Sedangkan yang kedua adalah maskapai penerbangan Cathay Pacifif yang berdiri sejak 1946 atau lebih tua dua tahun dari Honda.

Berikut sejarah perjalanan dua perusahaan kenamaan tersebut

1. Honda

Dilansir dari laman resminya, Honda Motor Company Ltd. secara resmi didirikan pada tahun 1948 dengan pendirinya Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa.

Namun, cikal bakal Honda sudah dimulai pada 1946. Saat itu bulan Oktober 1946, di Hamamatsu, Jepang, Soichiro Honda mengambil alih sebuah pabrik yang hancur akibat pemboman masa perang; bertekad untuk sukses pasca perang ia mendirikan Honda Technical Research Institute.

Upaya manufaktur pertama Soichiro adalah "mesin tenun putar"; kemudian dia mencoba memproduksi jendela kaca buram secara massal.

Setelah gagal “lepas landas”, dan tak ada satu pun yang menyerah, ia selanjutnya mencoba membuat panel atap anyaman bambu. Kemudian Soichiro menemukan kelebihan motor dua tak dan mendapat ide.

Dengan sedikitnya bahan bakar yang tersedia untuk transportasi, Soichiro memutuskan untuk membuat sepeda motor.

Soichiro mulai mengadaptasi mesin sepeda motor kecil 2 tak untuk dijalankan dengan terpentin dan memasangkannya pada rangka sepeda yang dibuat oleh pekerja pabrik Hamamatsu.

Sepeda motor itu populer dan segera terjual habis sehingga membuat Soichiro mulai memproduksi mesinnya sendiri; dan sejarah Honda dimulai.

Mereka memperkenalkan (pada tahun 1949) produk asli pertama yang dirancang dan direkayasa yang oleh Honda diberi nama yang tepat dengan nama sepeda motor tipe D “Dream”.

Kemitraan erat antara Soichiro Honda dan Fujisawa berlangsung hingga mereka mengundurkan diri pada bulan Oktober 1973.

Pada bulan Januari 1953, Honda memindahkan Kantor Pusatnya, lokasi Gedung Honda Yaesu saat ini. Pada bulan Januari yang sama, perusahaan membeli lahan seluas 100.000 meter persegi di Yamato-machi, Prefektur Saitama, dan memulai pembangunan Pabrik Yamato. Pada bulan April Pabrik Shirako selesai dibangun dan memulai produksi skala penuh.

Operasional Honda Power Products dimulai dengan keinginan untuk menerapkan teknologi mesin dengan cara yang berguna bagi kehidupan sehari-hari dan situasi kerja.

Dimulai pada tahun 1953 dengan mesin serba guna yang dikembangkan untuk peralatan pertanian, bisnis produk listrik kini telah melewati tahun ke-60 dengan menawarkan rangkaian produk yang terus berkembang termasuk generator, anakan, pelempar salju, dan mesin tempel.

Pada tahun 1962 Honda mulai memproduksi mobil. Honda Motor Company berkembang dalam waktu singkat menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia pada tahun 1964.

Pengenalan Honda CB750 4 silinder pada tahun 1969 membawa tingkat kecanggihan baru pada sepeda motor mainstream. Selama beberapa dekade berikutnya, Honda berupaya memperluas lini produknya dan memperluas operasi serta ekspor ke berbagai negara di dunia.

Honda meluncurkan Acura pada tahun 1986, papan nama mewah pertama dari produsen mobil Jepang, dengan penjualan “performa yang dibuat dengan presisi.”

"Memanfaatkan teknologi untuk membantu manusia", Honda telah melakukan penelitian dan pengembangan pada robot humanoid, untuk mewujudkan impian menjadi berguna bagi manusia dan membantu memperkaya masyarakat manusia dan kehidupan sehari-hari.

Berbagai macam teknologi dan pengalaman yang dikembangkan melalui tantangan ini juga telah diterapkan pada produk lain, sehingga menghasilkan berbagai inisiatif dengan tujuan menciptakan nilai yang benar-benar baru.

ASIMO, yang merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility, adalah salah satu terobosan dalam desain robot humanoid canggih yang diperkenalkan oleh Honda pada tahun 2005.

Dirancang untuk membantu mereka yang memiliki mobilitas terbatas, ASIMO akan menjadi salah satu robot Honda paling populer yang digunakan oleh masyarakat. kepribadian.

Pada 1995 diluncurkan Honda Aircraft Company dengan tujuan memproduksi pesawat jet dengan nama Honda. Hasilnya adalah Honda Jet Diizinkan Untuk Lepas Landas pada tahun 2015.

2. Cathay Pacific

Di akhir Perang Dunia II, atau 1946, Roy Farrell dan Sydney de Kantzow – dua mantan pilot AU yang tersohor karena menerbangkan ‘The Hump’ di atas pegunungan Himalaya – memiliki ide untuk mengantarkan barang-barang yang sangat diperlukan dari Australia ke Tiongkok setelah masa perang.

Mereka membeli pesawat Douglas DC-3, yang dijuluki ‘Betsy’, dan Cathay Pacific secara resmi lahir: maskapai yang terdorong oleh semangat para pendirinya untuk terbang, berpikir progresif, dan bergerak untuk menghubungkan dunia dan penduduknya.

Sebenarnya, nama mereka berasal dari ambisi Roy Farrell – bahwa maskapai baru ini suatu hari nanti akan menyeberangi Samudra Pasifik nan luas dari Tiongkok. Kami secara resmi mencapai tonggak bersejarah ini kurang dari 30 tahun kemudian.

Setelah awal yang stabil, Cathay Pacific mengakuisisi maskapai pesaing Hong Kong Airways dan mendapatkan hak lalu lintas tambahan ke Jepang dan Australia menambahkan Darwin, Sydney, Tokyo, dan Taipei ke jaringan tersebut.

Dua pesawat Lockheed Electra diperkenalkan pada armada tahun ini. Memiliki palet warna baru, hijau cerdas dan putih semarak, inilah pesawat pertama yang menawarkan kabin premium dengan 12 kursi Kelas Utama. Electras terus terbang hingga tahun 1967.

Mereka membeli Convair 880 pertama kami pada tahun 1962, dan pada tahun 1968, memiliki armada serba-bisa dengan delapan 880 yang terbang di jalur regional. Pesawat ‘sporty’ ini populer di kalangan pilot, dan menerbangkan sektor lebih cepat berarti dapat memperluas jaringan regional kami ke berbagai destinasi baru – termasuk Fukuoka dan Nagoya (1966) dan Kota Kinabalu dan Okinawa (1967).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper