Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GIIAS 2023, Penjualan Mobil Listrik Toyota Naik 10 Kali Lipat

Toyota Innova Zenix Hybrid, Yaris Cross Hybrid hingga Alphard Hybrid menguasai pangsa 80 persen dari total penjualan model terkait selama GIIAS 2023.
Tampilan Alphard Hybrid yang meluncur pada ajang GIIAS 2023/Bisnis- Nuhansa Mikrefin YP
Tampilan Alphard Hybrid yang meluncur pada ajang GIIAS 2023/Bisnis- Nuhansa Mikrefin YP

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Astra Motor yang mengusung tema Mobility for All pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 berhasil menorehkan transaksi berbasis surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 5.796 unit.

Toyota Astra Motor (TAM) mengedepankan tajuk Mobility for All yang bermakna menghadirkan ragam opsi bagi konsumen terhadap mobil ramah lingkungan.  Selama GIIAS 2023 berlangsung, duo generasi terbaru Avanza – Veloz memimpin penjualan dengan SPK 1.213 unit (20,9 persen).

Sementara di tempat kedua, All New Kijang Innnova Zenix 823 unit (14,2 persen) dengan komposisi varian Hybrid mencapai di atas 80 persen, kemudian dilanjutkan oleh model low cost green car Calya 816 unit (14,1 persen) dan All New Agya 648 unit (11,2 persen). Serta produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6 persen).

Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan strategi Toyota yang menghadirkan beragam solusi teknologi ramah lingkungan bakal berimbas besar terhadap pasar, industri, dan upaya menuju netralitas karbon. “Dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi kami dan berkontribusi besar pada penjualan yang membuktikan bahwa kendaraan ini semakin dikenal dan diminati masyarakat,” ujarnya dikutip pada Senin (21/8/2023).

Melalui strategi Multi Pathway, Toyota memperkenalkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap kepada masyarakat Indonesia, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV). 

Varian xEV mendominasi komposisi penjualan pada model-model yang memiliki opsi tipe dengan teknologi elektrifikasi. Seperti All New Kijang Innova Zenix Hybrid mencatat SPK sebanyak 658 unit dengan komposisi 80 persen dari koleksi penjualan keseluruhan model tersebut. 

Sementara All New Alphard Hybrid 305 unit dengan komposisi 80 persen, All New Yaris Cross Hybrid sebanyak  222 unit dengan komposisi 80 persen. Selebihnya terdapat  Toyota BZ4X sekitar 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport 3 unit. 

Alhasil, penjualan total SPK xEV Toyota sebanyak 1.255 unit atau 22 persen dari seluruh penjualan Toyota selama pameran GIIAS 2023 berlangsung. Angka ini naik signifikan lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu di angka 114 unit. 

Di sisi lain, Toyota juga melakukan pengembangan Flex-Fuel Technology untuk kendaraan Toyota dengan mesin pembakaran internal (ICE) yang saat ini masih menjadi pilihan utama masyarakat. Corolla Cross Hybrid bersama Fortuner yang sudah 100 persen kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100), mengundang perhatian pengunjung. 

Semua model ICE terbaru telah dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apapun. Secara berkelanjutan, Toyota mengajak pelanggan untuk memberikan kontribusi lebih besar guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menekan emisi karbon dalam mobilitas sehari-hari. 

Berlanjut ke booth Toyota Commercial di Hall 3E ICE BSD City, Rangga Concept menjadi primadona pengunjung bermodalkan fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha. Commercial Concept Car yang mengusung DNA Toyota Kijang Pick Up ini, siap mendukung segala macam aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services, dengan menggunakan basis ladder frame IMV yang sudah teruji ketangguhannnya di berbagai model seperti Hilux & Fortuner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper