Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Sebut Yaris Cross Produk Lokal Kualitas Global, Persaingan Kompak SUV Makin Sengit

Kehadiran Mitsubishi XForce menambah ketat persaingan kompak SUV yang sebelumnya diisi Honda HR-V, Hyundai Creta, hingga Toyota Yaris Cross.
Tampilan Toyota Yaris Cross/Istimewa
Tampilan Toyota Yaris Cross/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Gelaran GIIAS 2023 digunakan berbagai pabrikan untuk memperkenalkan jagoan baru, terutama segmen yang kian tumbuh seperti kompak SUV. Segmen tersebut kini diisi model Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara hingga terbaru Mitsubishi XForce.

Rata-rata harga pada segmen kompak SUV 5 seater itupun hampir mirip-mirip. Rentang harga hampir seluruhnya berada pada Rp300 juta hingga Rp400 juta.

Sejauh ini, paling menyedot perhatian adalah kehadiran jagoan baru Mitsubishi XForce. Mitsubishi Motors bahkan menjadikan peluncuran perdana XForce ini secara premium di Indonesia.

Tidak hanya itu, Mitsubishi XForce pun diandalkan sebagai taji baru bagi Mitsubishi merebut pasar regional Asia Tenggara. Dari sisi harga, XForce sangat mendekati jagoan Toyota yakni Yaris Cross.

Merespon hal tersebut, Toyota Astra Motor (TAM) menilai kehadiran berbagai produk baru pada segmen kompak SUV memberikan efek positik terhadap pasar. Dengan begitu, konsumen mempunyai banyak pilihan.

Di sisi lain, Toyota juga percaya bahwa Yaris Cross bisa diterima pasar, seiring catatan penjualan domestik ciamik, dan ekspor yang mulai tumbuh. Yaris Cross sejauh ini merupakan produk andalan terbaru Toyota Indonesia mengapalkan produk.

Sebagaimana diungkapkan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, sejak semula principal menghadirkan Yaris Cross untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat terutama dengan meningkatnya tren SUV.

“Toyota berharap All-New Yaris Cross dapat diterima oleh pelanggan yang lebih luas dan menjadi leader di segmennya. Sehingga mengakselerasi pemakaian kendaraan yang lebih rendah emisi dengan menjadi pemain tunggal di kelasnya dengan teknologi elektrifikasi, tetapi tetap sanggup memenuhi kebutuhan akan kenyamanan, pengendalian, dan fungsionalitas tinggi,” kata  Anton beberapa waktu lalu.

Toyota Yaris Cross versi bensin terlebih lagi hybrid, disematkan berbagai teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal inipun sejalan dengan strategi Toyota menyajikan berbagai teknologi untuk upaya dekarbonisasi.

Varian hybrid bisa mengikis emisi karbon hampir 50 persen dibandingkan mesin konvensional. Sedangkan model Yaris Cross bensin, menggendong engine 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm.

Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT dengan performance response memadai dan hemat bahan bakar dalam rangka menawarkan low cost of ownership tanpa mengurangi ketangguhannya dalam menemani mobilitas pelanggan.

“Untuk model bensin pun, Yaris Cross telah meningkatkan peforma efisiensi, dan menekan secara optimal emisi karbon,” kata Anton.

Dari sisi konsep desain, All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern dan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior. Eksteriornya menampilkan voluminous body yang berisi dan gagah, dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan solid dan tangguh. Dari depan, siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, mengekspresikan penampilan yang semakin gagah dan berwibawa.

Mandatory pada semua produk terkini Toyota, All-New Yaris Cross telah mendapatkan berbagai advance safety features. Urban SUV ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper