Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Rangga Hadir di GIIAS 2023, Mengulang Sukses Kijang Karoseri

Toyota Astra Motor memperkenalkan mobil niaga anyar Rangga. Model ini berbalut konsep karoseri yang memiliki fleksibilitas bagi konsumen.
Tampilang Toyota Rangga dengan karoseri mobil ambulans/Bisnis-Nuhansa Mikrefin YP
Tampilang Toyota Rangga dengan karoseri mobil ambulans/Bisnis-Nuhansa Mikrefin YP

Bisnis.com, TANGERANG — PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengadakan kompetisi desain untuk Toyota Rangga Concept demi menampung banyak ide dari anak muda di Tanah Air.

Head Public Relations PT Toyota Astra Motor Dimas Aska menjelaskan pada dasarnya kendaraan niaga dibawa untuk kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari mobil boks, mobil kafe, charger, dan bahkan ambulans.

Adanya perbedaan tersebut membuat Toyota Astra Motor mengadakan kompetisi "Toyota Rangga Concept Design" agar dapat memunculkan kendaraan niaga ini dengan lebih banyak fungsi dan layanan bagi masyarakat luas.

“Harapannya dengan kontes desain ini akan muncul berbagai ide yang tidak kita sadari sebelumnya. Seperti ide-ide yang banyak membuat UMKM membutuhkan komersial menjadi lebih banyak dan lebih positif lagi,” ujar Dimas di ICE BSD pada Jumat (11/8/2023).

Ide-ide yang bermunculan ini juga diharapkan dapat membuat Toyota Rangga Concept tidak hanya sekadar menjadi mobil angkut, tetapi juga hal-hal lain bahkan menjadi mobil yang dapat dipakai sehari-hari.

Founder NMAA, Andre Mulyadi mengatakan kompetisi ini akan dilakukan dengan berkolaborasi bersama bengkel yang mewujudkan skala satu banding satu (1:1). Beberapa tema yang nantinya dapat dipilih dalam kompetisi ini pun beragam mulai dari bisnis, layanan publik hingga gaya hidup.

“Hal ini sangat menarik karena mobil bisa dimodifikasi sesuai dengan tema,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menegaskan kehadiran Rangga bakal memberikan keleluasaan kepada para konsumen. Dia megungkapkan sejalan dengan konsep mobil Rangga yang memiliki fleksibilitas bagi kebutuhan konsumen, maka unit dijual tidak sekadar pikap, melainkan pula sasis.

“Harapannya, ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sejauh ini sudah ada tiga yang dikaroseri, jadi mobil servis, mobil kafe, dan ambulans,” ungkapnya.

Konsep Rangga inipun mengingatkan kembali sejarah sukses Toyota Kijang pada era 1980-1990an. Lahir sebagai program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) pada 1977, Toyota Kijang merupakan titik tolak lokalisasi otomotif pada saat itu.

Lokalisasi Toyota Kijang kala itu merangkak dari rakitan, hingga produksi mesin dan komponen. Uniknya, penerimaan pasar yang besar terhadap Toyota Kijang ditopang dengan kreasi lokal. Saat itu, Toyota Kijang memiliki bodi dan ukuran beragam tergantung karoseri yang memproduksi.

Semisal yang terkenal saat itu adalah Nasmoco Body Tech. Kijang Nasmoco ini dikenal dengan varian bodi seperti Kijang Ranger yang berbentuk jip, juga Kijang Commando.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler