Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amankan Pasokan Cip, Hyundai Motor Aktif Jalin Kolaborasi

Hyundai Motor Company memandang sulitnya pasokan cip semikonduktor sebagai masalah serius.
Karyawan sedang memberikan pengenalan produk mewah besutan Hyundai Motor Company dengan merek Genesis kepada konsumen di Space Genesis Suji yang berlokasi di Kota Suwon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Kamis (13/7/2023)/Bisnis-Lukas Hendra TM
Karyawan sedang memberikan pengenalan produk mewah besutan Hyundai Motor Company dengan merek Genesis kepada konsumen di Space Genesis Suji yang berlokasi di Kota Suwon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Kamis (13/7/2023)/Bisnis-Lukas Hendra TM

Bisnis.com, HWASEONG - Hyundai Motor Company siap untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak guna mengamankan pasokan cip yang memiliki peran sentral dalam pengembangan bisnis otomotif saat ini.

Chief Technology Officer (CTO) Hyundai Yong Hwa Kim menjelaskan bahwa pasokan semikonduktor sangat penting bagi industri otomotif global. Hyundai Motor Company, imbuhnya, juga menganggap hal ini sebagai masalah serius.

“Belakangan ini Hyundai Motor Company mengalami kesulitan mengenai produksi dan pasokan semikonduktor. Kami saat ini terus bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mengamankan pasokan semikonduktor dengan performa tinggi,” katanya di Hyundai Namyang Research and Development, di Kota Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Kamis (13/7/2023).

Pada awal Juni, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics Co., Ltd., telah mengumumkan bahwa prosesor otomotif terbarunya, Exynos Auto V920, telah dipilih untuk menggerakkan sistem in-vehicle infotainment (IVI) generasi berikutnya dari Hyundai Motor Company, yang diharapkan akan diluncurkan pada 2025. 

Kerja sama yang diumumkan pada Rabu (7/6/2023) tersebut menandai kolaborasi pertama Samsung di bidang semikonduktor otomotif dengan Hyundai Motor, pemimpin mobilitas global.

Jae Geol Pyee, Executive Vice President of Sales & Marketing, sekaligus System LSI Business di Samsung Electronics mengungkapkan bahwa melalui kerja sama yang erat dengan pelanggan global dan mitra ekosistem, maka pihaknya akan terus menciptakan solusi cip otomotif canggih yang menawarkan pengalaman mobilitas yang aman dan menyenangkan.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Hyundai Motor, produsen mobilitas global terkemuka, dan kami mengantisipasi bahwa kemitraan ini akan semakin memperkuat posisi kami di ruang infotainment otomotif,” katanya dalam keterangan resminya.

Exynos Auto V920 adalah prosesor otomotif generasi ketiga Samsung untuk sistem IVI canggih. Dengan peningkatan yang signifikan dalam kinerja pemrosesan CPU, grafis, dan saraf, V920 akan menghadirkan pengalaman di dalam kendaraan yang optimal dengan mengaktifkan tampilan real-time dari informasi mengemudi penting, seperti serta pemutaran mulus konten video dan gim yang kaya grafis di beberapa layar.

Adapun, prosesor V920 mengemas 10 inti terbaru ARM yang dioptimalkan untuk pengendaraan otonom. Hal ini memungkinkan kinerja pemrosesan 1,7 kali lebih besar daripada generasi sebelumnya.

Dengan dukungan untuk kecepatan mutakhir memori LPDDR5, V920 dapat secara efisien mengelola hingga enam tampilan beresolusi tinggi untuk dasbor, infotainment dan sistem hiburan kursi belakang, dan hingga 12 sensor kamera yang menangkap informasi visual penting.

Peningkatan signifikan telah dilakukan pada grafis prosesor dan kinerja kecerdasan buatan (AI), meningkatkan presentasi visual pada layar dan mengoptimalkan interaksi pengemudi dengan informasi dalam mobil.

Untuk menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI), V920 mengintegrasikan inti GPU canggih dengan grafis kemampuan pemrosesan hingga dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Dengan menggabungkan inti komputasi terbaru, unit pemrosesan saraf (NPU) mencapai kinerja 2,7 kali lebih besar dari generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan V920 untuk mendukung fitur pemantauan pengemudi yang ditingkatkan untuk mendeteksi kondisi pengemudi dengan lebih baik dan dengan cepat menilai lingkungan sekitar, serta menyediakan lingkungan berkendara yang lebih aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper