Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Online Motor Listrik Meningkat di Tokopedia

Transaksi motor listrik di Tokopedia meningkat hampir tiga kali lipat selama kuartal I /2023.
Tampilan Motor Listrik Yadea G6 di IIMS 2023 - BISNIS/Anshary Madya Sukma.
Tampilan Motor Listrik Yadea G6 di IIMS 2023 - BISNIS/Anshary Madya Sukma.

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia, e-commerce milik PT GoTo (Gojek Tokopedia) Tbk mencatatkan penjualan kendaraan listrik secara keseluruhan naik signifikan hingga lebih dari dua kali lipat selama kuartal I /2023 dibandingkan kuartal I/2022.

Associate Vice President of Category Development Tokopedia Fransiscus Leo Chandra mengatakan transaksi motor listrik di Tokopedia meningkat hampir tiga kali lipat selama kuartal I /2023 dibandingkan kuartal I /2022. 

Data internal Tokopedia juga memperlihatkan bahwa ECU (Electronic Control Unit) dan kelistrikan mobil atau motor, charger aki mobil dan motor listrik menjadi beberapa produk terkait mobil/motor listrik yang paling laris selama kuartal I/2023.

Medan (Sumatra Utara), Pekanbaru (Riau), Bogor (Jawa Barat), Sleman (D. I. Yogyakarta) dan Badung (Bali) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli mobil listrik tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 2 kali lipat, selama kuartal I/2023 dibandingkan dengan kuartal I 2022.

“Sedangkan Tangerang [Banten], Malang [Jawa Timur], Palembang [Sumatra Selatan], Badung [Bali] dan Balikpapan [Kalimantan Timur] menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli motor listrik paling tinggi, dengan rata-rata peningkatan hampir 6,5 kali lipat, selama kuartal I/2023 dibandingkan dengan kuartal I/2022,” ujar Leo dalam keterangan resmi pada Senin (5/6/2023).

Tokopedia menilai meningkatnya tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia didorong oleh berbagai infrastruktur penunjang, seperti tempat isi ulang daya listrik yang mulai banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, serta berbagai kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik.

“Selain itu, makin banyak perusahaan otomotif yang memproduksi kendaraan listrik berteknologi ramah lingkungan dengan harga terjangkau, sehingga makin banyak pula masyarakat yang mulai beralih ke mobil atau motor listrik,” jelas Leo.

Tokopedia pun menambahakan ada beberapa keuntungan sendiri menggunakan kendaraan berbasis listrik mulai dari insentif (pemotongan harga), bebas aturan ganjil - genap dan pengisian bahan bakar yang diaggap lebih murah dan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper