Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Hulu-Hilir Mobil Listrik, Wuling Siapkan Produk Baterai Lokal 2024

Wuling Motors menggandeng Gotion Hi-Tech untuk membesut baterai bagi jajaran mobil listrik di Indonesia.
Salah satu produk SUV Wuling di Indonesia yakni Wuling Alvez/Wuling.id.
Salah satu produk SUV Wuling di Indonesia yakni Wuling Alvez/Wuling.id.

Bisnis.com, JAKARTA - Wuling Motors bakal menggunakan baterai buatan lokal untuk line up produk mobil listriknya pada 2024, seiring dengan roadmap yang sudah ditetapkan pemerintah.

Brand and Marketing Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan bahwa saat ini baterai kendaraan listrik Wuling sedang tahap lokalisasi. Nantinya, Wuling akan menggandeng perusahaan baterai, Gotion untuk memproduksi baterai EV.

"Saat ini sedang dalam proses lokalisasi, sekarang sedang kerja sama dengan Gotion, dan juga nanti akan memproduksi lokal dan kami akan proses kesana [pad 2024]," kata Dian di Solo, Selasa (23/5/2023).

Pada intinya, kata Dian, untuk melokalisasi komponen utama kendaraan listrik tersebut pihaknya akan mengikuti roadmap yang telah dikeluarkan pemerintah. Artinya, dari tahun ke tahun Wuling siap menyesuaikan TKDN yang sudah dicanangkan pemerintah.

Berdasarkan aturan Pemenperin No.6/2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasi Baterai terdapat beberapa target yang harus digapai. Misalnya, target pemerintah pada 2024-2029 TKDN minimum BEV adalah 60 persen.

"Ada roadmap dari pemerintah untuk EV-EV disini dan minimum tkdnya berapa. Kalau roadmap tahun ini dan dan tahun lalu kan minimal 40 persen, dan kami achieve 40,3 atau 40,4 persen. Nah, beberapa tahun ke depan disarankan [pemerintah] akan meningkat lagi TKDN-nya dan salah satu strategi kami untuk menyambut hal itu adalah kami akan berupaya untuk melokalisasi baterai dengan Gotion," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech) akan bekerja sama dengan Wuling untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya adalah memproduksi baterai lokal.

Lokalisasi baterai kendaraan listrik ini merupakan kelanjutan kerja sama strategis antara Wuling dan Gotion Hi-Tech yang sebelumnya diresmikan pada November 2022. 

Adapun, Gotion Hi-Tech ini merupakan perusahaan global yang berinvestasi di Indonesia untuk bidang pembuatan baterai kendaraan listrik. 

Melalui kemitraan dengan Gotion Hi-Tech, Wuling optimistis produk kendaraan listrik dengan baterai lokal akan segera terwujud di Indonesia. Selain mengamankan suplai baterai, kerja sama ini diharapkan untuk memberikan kemudahan dalam layanan purna jual khususnya dari sisi komponen baterai kendaraan listrik Wuling.

"Dan itu sebenarnya memang komitmennya kami untuk industri untuk EV ini bukan hanya untuk manufaktur di pabrik saja tapi kami juga komitmen dari hulu ke hilir," tutup Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler