Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indika (INDY) Dirikan Rental Kendaraan Listrik

Emiten bersandi INDY ini mendirikan cucu usaha baru bernama PT Kalista Nusa Armada (KNA), perusahaan rental kendaraan listrik.
alva indika indy motor listrik
alva indika indy motor listrik

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten energi, PT Indika Energy Tbk. (INDY) melanjutkan upaya penetrasi pasar kendaraan listrik dengan mendirikan cucu usaha berupa penyewaan kendaraan listrik.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Selasa (16/5/2023), emiten bersandi INDY ini mendirikan cucu usaha baru bernama PT Kalista Nusa Armada (KNA) yang merupakan perusahaan patungan dari dua anak usahanya yakni PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) dan PT Indika Energy Infrastructure (IEI).

"KNA akan melakukan kegiatan usaha penyewaan kendaraan listrik roda dua, roda empat atau lebih, perdagangan sepeda motor baru, bekas, suku cadang dan aksesorinya, serta pengoperasian instalasi penyediaan tenaga listrik," jelas Sekretaris Perusahaan Indika Energy Adi Pramono dalam keterbukaan tersebut.

Adapun, pemegang saham KNA terdiri atas SMI sebesar 99,99 persen setara Rp15,99 miliar sementara IEI sebesar Rp1 juta setara 0,006 persen.

Adi menegaskan penyertaan saham SMI dan IEI dalam KNA merupakan kelanjutan langkah perseroan secara grup untuk melakukan ekspansi usaha di sektor kendaraan listrik, khususnya di pasar Business–to-Business di Indonesia.

INDY menggenggam 99,998 persen saham SMI, sedangkan IEI menguasai 0,002 persen saham SMI. Dengan total modal ditempatkan dan disetor Rp 50 miliar.

Kegiatan usaha SMI  melakukan industri sepeda motor roda dua, melakukan perdagangan besar sepeda motor dan suku cadang sepeda motor serta aksesorisnya, dan melakukan jasa konsultasi manajemen.

Dia menekankan bahwa penyertaan saham perseroan dalam SMI merupakan langkah perseroan untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia.

Sebelumnya, INDY bersama IEI juga sudah lebih dahulu mendirikan PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI) pada 5 April 2021. 

Adapun maksud, tujuan, serta kegiatan usaha EMI adalah melakukan perdagangan besar suku cadang sepeda motor dan aksesorisnya; melakukan perdagangan besar berbagai suku cadang, komponen, dan aksesoris mobil; serta melakukan jasa konsultasi manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper