Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal 2023 Pasar SUV Indonesia Dikeroyok 4 Mobil Baru, Ini Daftarnya!

Kehadiran produk baru itupun  membuat penguasa pasar ini yakni H-RV mulai terancam.
Spesifikasi mobil Wuling Alvez/Wuling.id.
Spesifikasi mobil Wuling Alvez/Wuling.id.

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023 yang baru saja berakhir, dibanjiri mobil anyar segmen SUV compact dari beberapa pabrikan seperti Wuling, Cherry, Suzuki hingga Mitsubishi.

Kehadiran produk baru itupun  membuat penguasa pasar ini yakni H-RV mulai terancam, terlebih Wuling melalui modelnya Alvez berhasil mendapat sorotan publik karena harga yang ditawarkan mobil tersebut sangat terjangkau.

Bahkan, banderol harga Wuling Alvez hampir menyentuh harga mobil pada segmen LMPV, yakni dibanderol mulai dari Rp209 juta.

Menanggapi hal tersebut, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy menyampaikan dirinya optimistis konsumen Indonesia tidak mematok harga sebagai acuan dalam pembelian mobil. 

"Saya rasa konsumen saat ini, kebanyakan tidak hanya membeli kendaraan melihat dari harga, atau pembaharuan, apalagi kalau loyalisnya Honda," ungkapnya di IIMS 2023 beberapa waktu lalu.

Lantas, apa saja mobil pendatang baru yang 'mengeroyok' pasar SUV di Indonesia?

1. Wuling Alvez

Dimensi Wuling Alvez cukup ringkas dan lebih kecil ketimbang pendahulunya, Wuling Almaz. Mobil ini punya panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dilihat sepintas, ukuran Wuling Alvez hampir mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Kaki-kaki mobil Wuling Alvez terlihat elegan dengan pelek berukuran 16 inci. Sistem pengereman disc brake terdapat di bagian belakang pelek. Headlamp atau lampu depan Wuling Alvez menggunakan jenis LED dengan desain yang mirip mobil Eropa.

Dari dapur pacu, Wuling Alvez mengadopsi mesin tanpa turbo. Mesin yang digunakan sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Kombinasi mesin dan transmisi Alvez diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Wuling Alvez hadir dalam tiga varian yakni Alvez SE, Alvez CE, dan Alvez EX. Alvez SE dibanderol dengan harga Rp209 juta, sementara Alvez CE punya harga Rp255 juta. Varian Alvez EX yang tertinggi dijual dengan harga Rp295 juta.

2. Cherry Omoda 5

Mobil asal pabrikan China ini, dilengkapi dengan mesin 1500cc Turbo yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 145 Hp dengan torsi maksimum 230Nm. Chery Omoda 5 memiliki dimensi panjang 4.400, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm.

Dari tampilan, Omoda 5memiliki desain yang sporty dan futuristik dengan desain gril depan tanpa bingkai dengan potongan menyerepai berlian. Ditambah, dengan headlamp yang tipis menambah kesan modern pada mobil ini. 

Sementara, fitur-fitur yang tersemat pada mobil ini berupa  electronic power steering (EPS), electronic parking brake (EPB) ditambah kemampuan autohold, lane keeping system (LDP), traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise system (ACC), Integrated Cruise Assist (ICA) yang menyajikan pengalaman mengemudi dengan nyaman. 

Mobil ini memiliki dua varian, pertama varian Z yang dibanderol Rp328 juta dan varian RZ dibanderol Rp 398 juta.

3. Suzuki Grand Vitara 

Melalui Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), mobil teranyar Suzuki yakni Grand Vitara mampu mengoptimalkan penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang meningkatkan performa mesin yang tersemat pada mobil Grand Vitara, yaitu K15C Dual Jet.

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut mampu mengeluarkan 103,06 PS atau 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm atau 4.400 rpm yang disalurkan melalui 6-speed automatic transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Secara desain, mobil ini memiliki wajah baru melalui sentuhan desain lebih modern dipadukan aksen krom pada bingkai yang membuat wujud SUV ini lebih bold dan sporty. Kemudian, secara ukuran mobil ini memiliki dimensi bodi dengan panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm, serta ground clearance setinggi 210 mm.

Namun, harga mobil ini masih ditutup rapat oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Kendati demikian di Indonesia, mobil ini mulai dari 1.28 juta Rupee hingga 1.94 juta Rupee atau seharga Rp235 jutaan hingga Rp357 jutaan.

4. Mitsubishi XFC Concept

Tak hanya mobil baru yang akan meramaikan pasar SUV Compact, Mitsubishi XFC concept juga akan hadir dengan menggebrak segmen tersebut. Meski belum diungkapkan secara detail mengenai spesifikasi mobil ini, namun secara tampilan Mitsubishi XFC di desain dengan gagah dan furturistik.

Di bagian depan mobil ini berkonsep “Dynamic Shield” yang mengekspresikan kinerja dan perlindungan optimal. Lampu depan berbentuk “L” di bagian atas unit lampu depan berpadu dengan Daytime Running Light (DRL) yang berbentuk seperti kisi-kisi di di bagian bawah untuk menyala dalam bentuk “T” yang ikonik yang menunjukan kesan luas.

Sisi-sisi bodinya terdiri dari permukaan dengan pahatan flare fender depan dan belakang serta garis karakter yang mengekspresikan kekuatan dan dinamisme sebuah SUV. Seperti bagian depan, bagian belakang juga dilengkapi lampu belakang berbentuk “T” untuk menciptakan desain yang menonjolkan keluasan dan stabilitas.

Dari sisi interior sendiri, Mitsubishi XFC Concept menggunakan panel instrumen bertema horizontal. Sementara itu, desain dinamis yang terbentang dari panel instrumen hingga door trim, serta serangkaian bantalan empuk, memberikan kesan kedap dan perlindungan untuk menciptakan interior yang aman dan nyaman.

Desain Mitsubishi XFC yang canggih, dengan bodinya yang terkesan ringkas, juga dirancang untuk mampu mengakomodasi utilitas dengan kargo yang cukup luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper