Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

"Jenis Kelamin" Hyundai Stargazer X, LMPV Cita Rasa LSUV

Desain Hyundai Stargazer X berbeda dengan varian standar mobil Low Multipurpose Vehicle atau LMPV, hanya saja tetap memprioritaskan kenyamanan mobil serbaguna.
Jajaran mobil Hyundai Stargazer X saat peluncuran pada GIIAS 2023/Bisnis- Nuhansa Mikrefin YP
Jajaran mobil Hyundai Stargazer X saat peluncuran pada GIIAS 2023/Bisnis- Nuhansa Mikrefin YP

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Terdapat pandangan berbeda mengenai mobil Stargazer X yang baru saja diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada GIIAS 2023. Meski dirancang mengikuti selera sporty, Stargazer X tetap memberikan kenyamanan layaknya MPV.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan pasar Indonesia tidak jauh dari segmen multipurpose vehicle (MPV), terlebih lagi dengan banyaknya merek yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pasar pada segmen ini melalui strateginya masing-masing.

Lebih lanjut, dia mengatakan  peluncuran Stargazer X juga tidak jauh dari survei pasar yang telah dilakukan Hyundai dengan segmentasinya sebagai LMPV. Menurutnya Stargazer X berangkat dari model Stargazer varian biasa, hanya saja dengan desain yang lebih gagah dan hampir mirip dengan kendaraan sport utility vehicle (SUV).

Dia pun menegaskan Stargazer X agar tidak terkesan sebagai kendaraan yang khas dengan SUV sehingga menitikberatkan mobil ini sebagai salah satu kendaraan LMPV.

“Kami mau benar-benar ciri khas MPV, [dan] ingin titik beratkan di MPV. Nah, itu sudah dilakukan oleh kami di Hyundai untuk bisa dipertahankan share kami,” ujar Soerjo di Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

Menurutnya, saat ini Hyundai masih terus bisa mengembangkan model-model kendaraannya untuk masuk ke pasar yang mungkin saat ini belum terpikirkan oleh merek-merek lainnya. 

Sebagai contoh, dia menyebut masih ada ruang untuk mengembangkan model kendaraan kendaraan ICE sesuai dengan kebutuhan konsumen pada pasar Indonesia.

“Masih ada celah dimana marketnya masih kosong. Kalau kami kasih produk bagus, [maka] kami bisa kasih kebutuhan untuk konsumen Indonesia,” tuturnya.

Di sisi lain, Head of Marketing Department PT HMID, Astrid Ariani Wijana sebelumnya mengatakan Hyundai memasarkan Stargazer X sebagai kendaraan LSUV karena ada kebutuhan konsumen untuk kendaraan yang nyaman dengan tampilan lebih sporty.

“Alasan utama kenapa LSUV karena untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Jadi, pada saat Hyundai meluncurkan Stargazer kemudian kami melihat ada keutuhan klaster konsumen yang mau tampilang kendaraan tetap nyaman, tapi juga lebih dinamis lebih sporty,” tutur Astrid di Solo, Senin (29/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper