Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kunci Capai Target Kendaraan 2 Juta Unit per Tahun di Indonesia ala Toyota

PT TAM terus menghadirkan pilihan produk-produk yang lengkap baik dari kendaraan penumpang maupun komersial.
PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Vios di Indonesia - BISNIS/Anshary Madya Sukma.
PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Vios di Indonesia - BISNIS/Anshary Madya Sukma.

Bisnis.com, JAKARTA – Manajemen PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan untuk mencapai volume distribusi kendaraan di Indonesia pada level 2 juta unit, perlu adanya peningkatan pendapatan per kapita masyarakat dan juga dibarengi dengan meningkatnya kinerja ekspor.

Marketing director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan dengan adanya peningkatan GDP per kapita maka kemampuan daya beli terhadap kendaraan bermotor masyarakat akan semakin tinggi.

Dia mengungkapkan kenaikan GDP per kapita akan menjadi pemicu target sebanyak 2 juta kendaraan per tahun, faktor kedua adalah ekspor juga harus meningkat, dan kabar baiknya setelah didukung pemerintah dan pelaku industri otomotif.

“Kinerja ekspor tahun lalu mencapai 400.000 unit, jadi kalau dihitung total industri otomotif ekspor dan domestik sudah berada di level 1,4 juta unit jadi angka dua juta bukan suatu hal yang mustahil” kata Anton di Jakarta, dikutip Minggu (26/2/2023).

Oleh karenanya, dari sisi pelaku usaha industri otomotif, PT TAM akan terus berusaha menghadirkan pilihan produk-produk yang lengkap baik dari kendaraan penumpang maupun komersial.

“Toyota sendiri segmen A dan B itu 70 persen dan kita memang sangat berusaha masuk ke segmen yang disukai masyarakat, jujur di komersial masih kecil tapi kita akan terus push,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, segmen A dan B merupakan mobil yang memiliki dimensi sedang hingga kecil dengan harga relatif Rp300 juta ke bawah.

Kemudian, dalam merespons tren elektrifikasi di Indonesia, Toyota juga terus melengkapi lini produknya mulai dari hybrid hingga mobil listrik murni. Mulai dari Innova Zenix, Corolla Cross, Camry, C-HR hingga bZ4X.

“Kita juga masuk ke segmen hybrid dan sudah masukan BEV juga kita memberikan variasi otomotif keseluruh segmen untuk menjadi pilihan masyarakat Indonesia,” terang Anton.

Sebagai informasi, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Toyota berhasil melego kendaraan secara wholesales sebanyak 28.970 unit, tumbuh 26,6 persen dibanding tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Kompak dengan wholesales, penjualan secara ritel juga ikut meningkat. Mengacu data yang sama, tercatat 25.555 unit dengan peningkatan 11,6 persen secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper