Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turuti Jokowi, Ini Komitmen Daihatsu Pacu Kinerja Ekspor Mobil

PT Astra Daihatsu Motor berupaya meningkatkan ekspor tahun ini sebagai respons atas pernyataan Presiden Jokowi.
Ilustrasi ekspor mobil.
Ilustrasi ekspor mobil.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan dukungannya dalam peningkatan ekspor mobil tahun ini sebagai respons atas pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan IIMS 2023.

Sebelumnya, Jokowi meminta pelaku usaha industri otomotif unruk meningkatkan kinerja ekspor tahun ini dan ke depannya agar bisa lebih kompetitif di pasar Asean.

Menanggapi hal tersebut, Marketing and Corporate Planning Director PT ADM Sri Agung Handayani, menyampaikan akan terus berkomitmen dalam menjaga kualitas pembuatan produknya agar semakin diminati pasar luar negeri.

"Pastinya kami akan mendukung arahan tersebut, dengan tetap menjaga komitmen khususnya ketepatan dan kualitas produksi, karena hingga saat ini kami telah mengekspor lebih ke 80 negara," tuturnya kepada Bisnis.com, dikutip Senin (20/2/2023).

Adapun, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kinerja ekspor Daihatsu kembali mencatatkan tren positif pada Januari 2023.

Pabrikan mobil asal Jepang tersebut telah membukukan pengiriman mobil dalam keadaan utuh atau CBU ke luar negeri sebanyak 16.594 unit, tumbuh 36,3 persen.

Secara kumulatif, kinerja ekspor kendaraan bermotor roda empat Tanah Air bulan lalu tercatat sebanyak 38.457 unit, tumbuh signifikan secara tahunan sebesar 54 persen (year on year/yoy).

Artinya, dalam jumlah tersebut Daihatsu berhasil menjadi penopang ekspor mobil CBU unit Tanah Air dengan pangsa pasar 43 persen pada Januari 2023.

Sebagai informasi, tahun lalu Daihatsu merupakan penyandang gelar eksportir terbanyak di Indonesia dengan membukukan kinerja ekspor 160.254 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper