Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekam Jejak Karier Koji Sato, CEO Baru Toyota Pengganti Akio Toyoda

Koji Sato menggantikan Akio Toyoda sebagai CEO Toyota Motors Corp.
Toyota Motor Corp resmi mengumumkan presiden sekaligus CEO barunya, yakni Koji Sato/Toyota
Toyota Motor Corp resmi mengumumkan presiden sekaligus CEO barunya, yakni Koji Sato/Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Motor Corp resmi mengumumkan presiden sekaligus CEO barunya, yakni Koji Sato. Dia menggantikan posisi Akio Toyoda yang telah mundur dari jabatan tersebut terhitung efektif mulai 1 April 2023.

Pergantian jabatan CEO Toyota itu menjadi yang pertama kalinya sejak 14 tahun silam, tepatnya saat Akio Toyoda mulai memimpin pada 2009. Selama lebih dari satu dekade memimpin, Akio Toyoda yang juga merupakan cucu dari pendiri perusahaan itu akhirnya memberikan jabatannya kepada Koji Sato.

"Sato adalah sosok pekerja keras yang sangat menjunjung tinggi nilai filosofis, teknik, serta budaya Toyota di bidang manufaktur mobil. Dia juga sangat menyukai mobil," ujar Toyoda dikutip dari Nikkei Asia, Kamis, (26/1/2023).

Lantas, bagaimana rekam jejak karier Koji Sato? Sebagai informasi, dia diangkat menjadi CEO dan Presiden Toyota pada usia yang relatif masih muda, yakni 53 tahun.

Berdasarkan laman resmi Toyota, Koji Sato lahir pada 19 Oktober 1969. Dia lulus dari Waseda University, Jepang dengan gelar sarjana teknik mesin. Kemudian, pada April 1992, dia resmi bergabung dengan Toyota Motor Corp.

Selama 24 tahun meniti karier di Toyota, Sato akhirnya ditunjuk sebagai Chief Engineer di Lexus International pada Januari 2016. Pertumbuhan karier Sato termasuk cepat, hanya setahun berselang, dia langsung dipromosikan menjadi Excecutive General Manager dan bertanggung jawab atas Lexus International.

Selanjutnya, pada Januari 2019, Sato naik jabatan lagi menjadi Vice Executive President di Lexus International. Setahun kemudian, dia dipromosikan menjadi Presiden Lexus dan Gazoo Racing, divisi mobil balap Toyota.

Tak hanya itu, dia juga mengambil peran eksekutif di Toyota dan menjadi Chief Branding Officer pada Januari 2021.

Hingga akhirnya pada 2023, Koji Sato segera diangkat menggantikan Akio Toyoda sebagai CEO dan presiden baru Toyota untuk kedepannya.

"Kami ingin menunjukkan komitmen ini melalui tindakan dan produk nyata, seperti mempercepat peralihan ke elektrifikasi dan terlibat dalam pembuatan mobil yang menjawab beragam nilai dan kebutuhan lokal. Saya akan sangat menghargai bimbingan dan dukungan Anda," ujar Koji Sato.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper