Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mobil Listrik Tesla Jadi Raja di Eropa, Model Y Masuk Lima Besar Penjualan Terbanyak

Tesla Model Y mengemas penjualan sebanyak 29.367 unit pada bulan September 2022 di pasar Eropa.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 31 Oktober 2022  |  15:31 WIB
Mobil Listrik Tesla Jadi Raja di Eropa, Model Y Masuk Lima Besar Penjualan Terbanyak
Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS - Bloomberg/Luke Sharrett
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan otomotif asal Amerika, Tesla Inc. berhasil menorehkan catatan positif melalui penjualan terbanyak kendaraan listrik di Eropa pada September 2022.

Dilansir carscoops.com, pada Minggu (30/10/2022), Tesla telah menegaskan eksistensinya sebagai perusahaan mobil listrik terpopuler di Eropa melalui Tesla Model Y yang sudah terjual sebanyak 29.367 unit sepanjang September 2022.

Angka tersebut telah meningkat 227 persen secara year on year (yoy) dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

Tesla Model Y menjadi satu-satunya model BEV  yang menghuni 5 besar penjualan September 2022 di pasar Eropa. Tesla Model dibuntuti  Peugeot 208 dengan penjualan 19.601 unit. Selanjutnya, pada posisi ketiga ada Dacia Sandero yang berhasil terjual sebanyak 17.733 unit, keempat ada Skoda Octavia terjual 17.226 unit, dan urutan kelima ada produsen mobil asal Jepang dengan model Toyota Yaris yang terjual 16.275 unit.

Dominasi Tesla di pasar otomotif Eropa ini, diperkuat oleh Model 3 yang berhasil menjadi penjualan kedua terbanyak dalam segmentasi kendaraan listrik sejumlah 12.244 unit. Namun, angka tersebut telah turun 50 persen dari tahun lalu karena masalah pasokan yang terjadi di China.

Pada posisi ketiga penjualan kendaraan listrik terbanyak ada VW ID.4 yang berhasil terjual 6.547 unit, diikuti Fiat 500 Electric sebanyak 5.078 unit, dan terakhir diposisi lima ada Dacia Spring yang terjual 4.846 unit.

Sebagai informasi, Analis otomotif Global di JATO Dynamics Felipe Munoz mengatakan tiga pasar otomotif terkuat di Eropa dimiliki Jerman dengan persentase 27 persen, Inggris 24 persen, dan Prancis 14 persen, dan semuanya tumbuh dibandingkan tahun lalu.

Kendati demikian, Felipe menyebut bahwa pertumbuhan ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan era sebelum pandemi. Secara total penjualan mobil di Eropa dari Januari hingga September 2022 adalah 8.182.818 unit, atau 32 persen lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tesla Motors tesla Tesla Model 3 Tesla Model Y Mobil Listrik Baterai Mobil Listrik
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top