Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sabuk Pengaman Longgar, Tesla Tarik Peredaran 24.000 Unit Model 3

Tesla Inc menarik peredaran lebih dari 24.000 unit Tesla Model 3. Ini Penyebabnya
Tesla Model 3. /Tesla
Tesla Model 3. /Tesla

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan otomotif milik Elon Musk, Tesla Inc menarik peredaran lebih dari 24.000 unit Tesla Model 3, mulai dari keluaran tahun 2017 hingga 2022.

Akar masalahnya adalah jangkar sabuk pengaman yang longgar karena kemungkinan tidak terpasang dengan benar sehingga masing-masing unit akan memerlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut oleh pusat layanan Tesla.

Sejauh ini, Tesla mengklaim belum ada laporan pengguna yang cedera atau kecelakaan terkait kondisi tersebut. Kendati demikian, sabuk pengaman yang tidak terpasang dengan benar dapat mengganggu kinerja komponen dan berakibat fatal jika terjadi kecelakaan.

Hal yang cukup menjadi sorotan, Tesla berkilah bahwa penarikan terhadap 24.000 Model 3 ini terjadi karena kesalahaan saat servis dan bukan masalah manufaktur.

"Menyervis komponen tertentu pada kendaraan Model 3 memerlukan pembongkaran sabuk pengaman baris kedua kiri dan jangkar sabuk pengaman tengah, yang keduanya diikat dengan baut yang sama. Kedua komponen mungkin telah dipasang kembali secara tidak benar setelah dibongkar selama tindakan servis," kata Tesla dikutip dari Carscoops, Jumat, (28/10/2022).

Tesla juga mengatakan bahwa pengguna mungkin dapat mendeteksi masalah jika mereka melihat sabuk kiri baris kedua atau jangkar longgar saat ditarik dan menjauh dari bangku. Faktanya, Tesla melaporkan bahwa keluhan dari teknisi servis dan pelangganlah yang memberi tahu masalah tersebut sejak awal.

Adapun, sejak 15 Agustus hingga 30 September tahun ini, telah ditemukan 105 kasus pemasangan jangkar sabuk pengaman yang longgar. Lalu, kurang dari sebulan setelahnya, tepatnya tanggal 19 Oktober, Tesla memutuskan untuk melakukan penarikan massal ini.

Untungnya, tindakan korektifnya hanya dengan mengencangkan sabuk dan jangkar ke spesifikasi yang benar. Selain itu, Tesla telah mengubah prosedur layanan yang menyebabkan kondisi ini dengan instruksi tambahan untuk memastikan bahwa itu tidak menjadi masalah di masa depan.

Salah satu persyaratan baru tersebut adalah teknisi servis harus memastikan bahwa sabuk dan jangkar telah dipasang kembali dengan benar. Seluruh biaya perbaikan masalah sabuk pengaman akan ditanggung oleh pihak Tesla. Sebagian besar pemilik Tesla kemungkinan akan mendapatkan pesan peringatan pada sistem infotainment mereka tentang penarikan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper