Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AHM Berikan Kiat IKM Jadi Supplier OEM

Industri Kecil Menengah (IKM) otomotif sejauh ini sangat sukar menembus sebagai pemasok manufaktur atau OEM.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 26 September 2022  |  21:29 WIB
AHM Berikan Kiat IKM Jadi Supplier OEM
Setelah dilakukan audit terhadap pengembangan manajemen dan proses produksi, akhirnya pada 2015 FNF Metalindo masuk rantai pasok Astra Honda Motor (AHM). FNF kini memasok 70-80 item komponen untuk sepeda motor. - Astra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Honda Motors mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) otomotif untuk menjadi pemasok Original Equipment Manufacturer (OEM). Bagi  IKM Otomotif menjadi pemasok OEM bisa membuka pasar lebih luas.

GM Quality Technology PT Astra Honda Motor S.B. Anang Yuliarto menjelaskan ada beberapa keuntungan IKM ketika berhasil menjadi supplier OEM, mulai dari penjualan dlaam jangka panjang yang terjamin hingga peningkatan kompentensi.

Anang pun membagikan beberapa kiat -kiat IKM menjadi pemasok OEM. Pertama, IKM harus mau merubah image dan bertransformasi agar menarik bagi calon pelanggan, terutama pelaku industri besar. Kedua, IKM harus mau mengubah mentalitas, dimulai dari owner IKM, yang kemudian ditularkan ke seluruh karyawan.

"Wajib mengubah mental!, jika ingin bisa kompetitif dan tidak tertinggal, harus berani berbenah dengan investasi dengan mesin- mesin baru juga," ujarnya dalam acara "Workshop Roadshow to Exhibition: Sharing Key Success, Menjadi Supplier OEM dan Memperluas Akses Pasar", pada Senin (26/9/2022).

Ketiga, IKM harus fokus untuk memberikan kualitas produk yang sesuai dengan standar OEM sehingga secara kualitas tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mature.

Anang menjelaskan untuk menjadi pemasok OEM, IKM harus memahami pentingnya “Quality Build in Process” bahwa kualitas dibangun di dalam proses. "IKM harus berkomitmen penuh terhadap kualitas produk yang di-delivery ke OEM karena apabila terjadi claim dan ditemukan di market, maka akan berakibat sangat fatal," jelasnya.

AHM juga mengatakan IKM harus mampu bersaing dengan Cost ( C ) yang kompetitif sehingga pada saat tender dengan perusahaan lain, maka IKM dapat terpilih sebagai pemasok dari OEM.

Selain itu IKM harus terlatih mengatur level stok, pola planning produksi dan timing delivery sesuai dengan planning produksi yang dibuat oleh OEM.

"IKM juga harus betul-betul memahami bahwa kesalahan ataupun keterlambatan delivery akan berdampak buruk bagi produksi customer sehingga harus sangat dihindari," ungkapnya.

Keempat, IKM harus dapat memetakan & mempromosikan bagian dari produk OEM yang dapat IKM buat. Kelima , IKM harus selalu melakukan continuous improvement agar dapat tetap survive dalam persaingan industri supplier OEM.

"Dan terahkir, IKM harus membangun relasi yang baik dengan banyak industri besar agar peluang bisnis untuk meluaskan akses pasar semakin terbuka lebar," tutupnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikm ikm komponen otomotif industri otomotif Komponen Otomotif astra honda motor PT Astra Honda Motor
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top