Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Honda Tampilkan Mobil Max Verstappen di GIIAS 2022, Pakai Teknologi Turbo Hybrid

Honda menampilkan teknologi mesin balap turbo hybrid pada mobil balap Formula 1 milik tim Red Bull Racing Honda di GIIAS 2022.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 21 Agustus 2022  |  11:30 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Honda menampilkan teknologi mesin balap turbo hybrid pada mobil balap Formula 1 milik tim Red Bull Racing Honda yang pernah digunakan oleh juara dunia F1 2021, Max Verstappen, di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022.

Pengunjung dapat melihat secara langsung mobil yang pernah digunakan Verstappen pada F1 di ajang pameran GIIAS 2022 yang berlangsung dari 11 hingga 21 Agustus 2022 di ICE BSD, kabupaten Tangerang.

Special display mobil balap Formula 1 Red Bull Racing Honda RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1. Red Bull Racing Honda menggunakan sasis mobil dengan kode RB16B serta menggunakan mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H. Mesin turbocharged dari Honda ini mempunyai kapasitas mesin 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6), dilengkapi dengan Honda kinetic and thermal energy recovery system sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 hp serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.

Honda mulai mengembangkan mesin balap berteknologi turbo hybrid untuk ajang balap Formula 1 sejak tahun 2014 seiring dengan regulasi teknis di ajang balap Formula 1 yaitu mesin balap berteknologi turbo hybrid.

Mesin balap tersebut juga dilengkapi dengan komponen kinetic and thermal energy recovery system (motor electric). Honda mulai menggunakan mesin balap tersebut di ajang balap Formula 1 pada 2015 hingga sekarang ini.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan kehadiran mobil balap dengan teknologi tersebut menjadi wujud dari kombinasi antara kecintaan Honda terhadap dunia balap dan visi Honda untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan.

“Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin Honda,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8/2022).

Sebagai informasi, pada akhir 2021, Honda berhasil meraih gelar juara dunia untuk kategori pembalap yang dipersembahkan oleh pembalap tim Red Bull Racing Honda yaitu Max Verstappen. Gelar juara dunia ini merupakan yang pertama kalinya untuk Honda di era balap F1 modern atau era F1 turbo hybrid dan juga pertama kali sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia di 1991 atau tepat 30 tahun silam.

Special display mobil balap F1 Red Bull Racing Honda RB16B yang ditampilkan kali ini menggunakan livery khusus dengan corak warna korporat Honda yaitu putih dan merah serta bertuliskan kata-kata “ありがとう/ Arigatou” dalam bahasa Jepang atau Terima Kasih dalam bahasa Indonesia.

Livery khusus ini disiapkan oleh Honda sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih sekaligus perpisahan kepada para penggemar balap khususnya ajang balap Formula 1. Pada beberapa balapan di musim 2021, Verstappen sempat menggunakan livery khusus tersebut.

Setelah mundur dari Formula 1 pada akhir 2021, Honda kemudian menunjuk Honda Racing (HRC) dalam melanjutkan peranan Honda di ajang balap Formula 1 untuk mengembangkan serta menyuplai mesin balapnya kepada tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri mulai tahun 2022 ini.

Sementara pada awal Agustus 2022 ini, Honda dan Red Bull telah mengumumkan untuk melanjutkan kerjasama dalam bidang teknis dimana Honda Racing Corporation (HRC) memutuskan untuk mensuplai mesin balap untuk kedua tim hingga akhir tahun 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

honda honda prospect motor GIIAS 2022
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top