Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Berlaku, Pemerintah Beberkan Keuntungan Standar Euro 4

Peralihan kendaraan dari Euro 2 ke Euro 4 memberikan sejumlah manfaat bagi ekonomi nasional.
Euro 4/istimewa
Euro 4/istimewa

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN – Kementerian Perindustrian meyakini peralihan kendaraan dari Euro 2 ke Euro 4 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, kebijakan ini juga memberi berbagai keuntungan bagi negara.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan keuntungan itu mulai dari menurunkan beban emisi dan polusi udara, meningkatkan performa kendaraan, hingga meningkatkan peluang ekspor bagi industri otomotif nasional.

“Industri otomotif merupakan kontributor utama terhadap PDB [produk domestik bruto] industri alat angkutan. Pada triwulan I/2022, kinerja industri alat angkutan mengalami pertumbuhan paling tinggi dengan capaian sebesar 14,2 persen year on year [dibandingkan periode yang sama tahun lalu],” katanya di Tangerang Selatan, Selasa (7/6/2022).

Taufiek menjelaskan saat ini industri otomotif Indonesia didukung oleh 21 perusahaan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Mereka memiliki total kapasitas produksi 2,35 juta unit per tahun.

Industri tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap devisa. Salah satunya dengan total investasi mencapai Rp71,35 triliun untuk kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun.

“Selain itu, multiplier effect dari aktivitas industri otomotif telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38.000 orang serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut,” jelasnya.

Khusus kendaraan roda empat atau lebih, pemerintah mulai menerapkan standar emisi Euro 4 pada April. Setidaknya beberapa perusahaan telah mengeluarkan produk dengan ketetapan tersebut.

Yang terbaru dan diluncurkan hari ini adalah Mercedes-Benz Axor Euro 4. Produk tersebut menjadi kendaraan pertama dari merek Eropa yang mengenalkan truk dengan standar Euro 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper