Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Standar Euro 4 Segera Diterapkan, Fuso Naikkan Harga

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors bersiap menaikkan harga produknya menjelang penerapan standar Euro 4.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 25 Maret 2022  |  16:48 WIB
Standar Euro 4 Segera Diterapkan, Fuso Naikkan Harga
Truk listrik Fuso eCanter. - Daimler
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) menyatakan ada kenaikan harga truk karena penerapan standar Euro 4.

Executive Vice President of Sales and Marketing Divisions KTB Duljatmono mengatakan kenaikan harga terjadi pada varian terbaru yaitu Canter. Harga truk yang dahulu dinamakan Colt Diesel ini mengalami kenaikan di kisaran 3,5 persen sampai 4 persen. KTB juga baru meluncurkan 15 varian Center dan 14 varian Fighter 

"Euro 4 ini kenaikannya dibandingkan kalau kelas Canter itu 3,5-4 persen. Sedangkan kelas Fighter X itu 7-8 persen," kata pria yang akrab disapa Momon dalam acara konferensi persJumat (25/3/2022).

Momon menambahkan sampai saat ini perusahaan memiliki stok dan memproduksi kendaraan berstandar euro 2 karena masih ada permintaan konsumen pada bulan sebelumnya. Tetapi, ia menegaskan produksi dan penjualan akan berhenti pada 6 April 2022.

Sebagai informasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkan penerapan Euro 4 akan dimulai pada 7 April 2022.

"Yang saat ini kita produksi adalah kebutuhan 2 sampai 3 bulan, di mana permintaan pada April sudah diterima. Maka kami menjual truk dengan standar Euro 2 dan Euro 4. Jadi secara keseluruhan kita menyesuaikan dengan demand pasar di bulan April dan Mei," jelas Momon.

Jika konsumen truk berstandar Euro 2 ingin meningkatkan kualitas ke Euro 4, ia memperkirakan hal itu sulit dilakukan karena adanya perbedaan teknologi mesin.

Khusus untuk truk Euro 4 ini, KTB menggunakan tExhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler. Teknologi ini mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga membuat emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

" Sedangkan Euro 2 in mesinnya masih konvesnsional, jadi sepertinya akan susah untuk di-upgrade," tuturnya.

KTB juga menghadirkan tiga varian terbaru atas permintaan dan kebutuhan konsumen yaitu Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt krama yudha tiga berlian motors Standard Euro 4 Mitsubishi Fuso
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top