Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Implementasi Euro 4 Makin Dekat, Bahan Bakar Sudah Siap?

Kementerian Perindustrian meyakini penerapan Euro 4 pada April mendatang akan berjalan lancar karena kendaraan dan bahan bakar sudah siap.
Euro 4/istimewa
Euro 4/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian meyakini persiapan kendaraan dan bahan bakar untuk menerapkan Euro 4 pada April mendatang makin matang.

Seperti diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memutuskan untuk menunda penerapan Euro 4 menjadi April 2022.

Menjelang penerapan Euro 4, Isuzu melakukan penandatanganan kerja sama dengan beberapa pihak untuk pemakaian mobil diesel. Perjanjian kerja sama ini pun disaksikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Tadi saya juga menyaksikan penandatanganan kerja sama pemakaian produk Euro 4 Isuzu. Ini artinya kita siap untuk memakai produk-produk Euro 4," ujar Agus di sela-sela Jakarta Auto Week 2022, Selasa (15/3/2022)

Agus menjelaskan mulai tanggal 12 April standarisasi Euro4 akan terlaksana. Penerapan Euro 4 akan menjadi perhatian Kementerian Perindustrian dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, tetapi juga menjaga lingkungan.

"Kami memberikan peluang bagi teknologi apapun selama dia bisa membantu memberikan kontribusi kepada lingkungan agar lebih hijau," jelas Agus

Agus menambahkan Kementerian ESDM melalui PT Pertamina (Persero) juga sudah siap dalam menyediakan bahan bakar dengan standar Euro 4. 

"Pihak ESDM dan Pertamina sudah siap, insyaallah tidak ada masalah terkait bahan bakar," kata Agus.

Di sisi lain, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga menyatakan kesiapannya. Managing Director PT Kiat Ananda Cold Storage Otto Iskandar mengatakan perusahaannya mendukung program pemerintah untuk menerapkan Euro 4. 

"Ini bagus karena selain lingkungan bersih, kendaraan juga hemat bahan bakar, dan itu sangat berpengaruh bagi pelaku usaha," ujar Otto.

Tak jauh berbeda, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memastikan kesiapannya untuk meluncurkan semua kendaraannya dengan standar mesin emisi Euro 4.

“Kendaraan yang kami luncurkan tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro 4, tapi juga untuk lingkungan yang bersih” ujar Presiden Direktur HMSI Masato Uchida. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper