Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Keluar Angin, Ini 8 Penyebabnya  

Masalah AC mobil tidak dingin biasanya terletak pada mesinnya. Agar mengetahui masalahnya spesifik, simak delapan penyebab AC tidak terasa dingin
AC Mobil sebaikan dalam posisi off, jika kendaraan akan distarter. /ANTARA
AC Mobil sebaikan dalam posisi off, jika kendaraan akan distarter. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Air Conditioner (AC) pada mobil sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pengendara kendaraan roda empat. Tetapi, seringkali AC pada mobil tidak berfungsi dengan baik dan hanya mengeluarkan angin.

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa alasan mengapa AC tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan angin. Bahkan ada beberapa mengalami AC yang mengeluarkan suhu panas sehingga ruang dalam kabin terasa sumpek serta tidak nyaman.

Masalah AC mobil tidak dingin biasanya terletak pada mesinnya. Agar mengetahui masalahnya spesifik, mari kita simak delapan penyebab AC tidak terasa dingin: 

1. Freon habis

Agar bisa berfungsi, AC membutuhkan freon. Jika freon habis, maka bisa dipastikan AC tidak akan dingin dan hanya keluar angin. Karena itu, coba cek freon AC apabila anda tidak merasakan sensasi dingin di dalam kabin. 

Jika memang freon habis, maka anda bisa mengisi ulang atau menambahnya dengan cara mengunjungi bengkel resmi

2. Kondensor kotor

Cara kerja kondensor wajib anda pahami terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Kondensor adalah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor.

Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Untuk mencegah kotornya kondensor, anda harus rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak menimbulkan penyumbatan.

3. Kompresor rusak

Jika misalnya kondensor mobil bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa, maka penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah kompresor. 

Pemicunya bisa karena kompresor aus atau rusak. Cirinya adalah sight glass berwarna hitam. Jika tanda ini muncul, maka itu artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat oleh kotoran. 

4. Extra fan mati

Penyebab AC tidak dingin berikutnya adalah extra fan mati. Apabila komponen yang terletak di depan kondensor ini mati, maka akan mempengaruhi proses kondensasi. 

Padahal, kondensasi adalah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Jika extra fan tidak berputar, otomatis penurunan suhu tidak bakal terjadi. Akhirnya, kabin di dalam mobil pun akan tetap terasa panas. 

5. Sistem AC mobil kelebihan tekanan

Hati-hati anda baru saja mengisi oli kompresor. Sebab, pengisian oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan di dalam freon AC meningkat. Ketika tekanan sudah meningkat, maka kompresor akan berubah menjadi sangat panas.

Hal selanjutnya yang akan terjadi adalah proses kondensasi terhambat. Padahal, seperti yang sudah dibahas tadi, kondensasi adalah proses penting untuk menurunkan suhu. Jika prosesnya terganggu, maka AC mobil akan terasa tidak dingin.

6. Penyumbatan evaporator

Evaporator yang tersumbat debu maupun kotoran akan membuat aliran udara dari blower menjadi terhambat. Kalau aliran udara sudah terhambat, akibatnya sirkulasi AC juga jadi terganggu.

Memang, sangat wajar untuk debu dan kotoran ikut masuk ke evaporator melalui hisapan blower yang terhubung dengan komponen tersebut.

Namun, agar tidak semakin mengurangi kenyamanan anda selama berkendara, pastikan rutin membersihkan evaporator AC. 

7. Fan belt putus 

Fungsi fan belt di dalam AC adalah sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Apabila fan belt ini putus atau mengalami kerusakan lain, maka bisa dipastikan kinerja kompresor tidak akan maksimal karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

Kalau kompresor sudah tidak bekerja secara optimal, maka aliran freon pun tidak akan bersirkulasi. Akibatnya, AC kendaraan anda terasa tidak dingin, hanya keluar angin saja dari dalamnya. 

8. Thermistor rusak 

Thermistor adalah kependekan dari thermo dan resistor. Komponen ini memiliki tanggung jawab mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Namun, apabila thermistor ini rusak, maka tidak akan ada sinyal yang dikirimkan ke kompresor. Alhasil, kompresor bakal terus menerus bekerja hingga evaporator beku. Jika evaporator sudah beku, kondisi ini akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. 

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin bisa jadi karena alasan sepele freon habis dan butuh diisi ulang. Tetapi, bisa juga pemicu AC mobil tidak dingin adalah kerusakan yang terjadi pada komponen di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper