Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tanda Filter AC Mobil Harus Diganti, Bahaya Jika Mengabaikan

AC memiliki salah satu komponen yang memiliki sifat penggantian cepat adalah filter AC. Lantas bagaimana tanda filter AC mobil harus diganti?
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  09:46 WIB
AC Mobil sebaikan dalam posisi off, jika kendaraan akan distarter.  - ANTARA
AC Mobil sebaikan dalam posisi off, jika kendaraan akan distarter. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -  Musim kemarau maupun hujan, AC mobil harus selalu dalam keadaan prima. Terlebih AC memili salah satu komponen fast moving alias yang memiliki sifat penggantian cepat adalah filter AC. Lantas bagaimana tanda filter AC mobil harus diganti?

Dilansir dari Auto2000, Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau Edwin Dwi Novianto mengatakan untuk mengetahui tanda filter AC harus diganti caranya mudah. 

"Secara visual terlihat filter AC masih kotor walaupun sudah dibersihkan. Tanda lainnya adalah hembusan angin blower AC yang kecil karena terhambat filter AC yg kurang bagus," ujarnya.

Selain menyejukkan kabin, AC juga berperan memberikan udara bersih untuk pengemudi dan penumpang di mobil Toyota. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir ini, komponen seperti filter AC jadi sangat penting.

Edwi mengatakan, ada dampak yang cukup berbahaya jika pemilik mobil mengabaikan penggantian filter AC. Selain potensi masalah teknis, udara yang tak mampu tersaring dengan baik oleh filter juga membahayakan penumpang.

"Dampak dan kerugiannya cukup beragam. Mulai dari hembusan angin blower menjadi terhambat atau kecil, sampai ada pula timbulnya aroma sangat tidak enak saat mesin pertama hidup. Selain itu juga filter AC yang sudah sangat kotor mengandung bakteri dan sudah pasti kurang baik bagi kesehatan orang di dalam kabin," ungkap Edwin.

Layaknya filter oli dan komponen fast moving lainnya, ada juga jangka waktu untuk mengganti filter AC. Namun jangka waktunya sebenarnya juga tergantung pada model dan tahun mobil Anda, dengan cara periksa buku manual atau konsultasikan ke bengkel terdekat untuk verifikasi. 

Namun, secara umum, sebagian besar komponen yang juga punya nama lain filter udara kabin ini idealnya diganti antara setiap 25.000 km atau 30.000 km.

Merujuk dari penjelasan Edwin di atas, setidaknya ada 3 hal yang menjadi tanda filter AC harus diganti. Berikut tanda yang perlu Anda waspadai:

  1. Bau tak sedap saat AC bekerja maupun mesin baru hidup
  2. Debu yang banyak menempel di interior
  3. Aliran angin yang berkurang pada mobil yang memiliki fitur climate control

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil ac mobil tips otomotif
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top