Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mobil bergetar saat RPM rendah memang seringkali membuat khawatir, meski sebenarnya wajar pada batas tertentu. Namun, lain ceritanya apabila getaran sudah mencapai kabin, maka Teman Bisnis harus lebih berhati-hati.
Model berfoto dengan mobil Suzuki Baleno Hatchback yang dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8). Baleno diklaim irit berkat penggunaan mesin K14B 1.373 cc berteknologi VVT yang menghasilkan daya 90,4 dk per 6.000 rpm dan torsi 130 Nm per 4.200 rpm. /Bisnis.com
Model berfoto dengan mobil Suzuki Baleno Hatchback yang dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8). Baleno diklaim irit berkat penggunaan mesin K14B 1.373 cc berteknologi VVT yang menghasilkan daya 90,4 dk per 6.000 rpm dan torsi 130 Nm per 4.200 rpm. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil bergetar saat RPM rendah memang seringkali membuat khawatir, meski sebenarnya wajar pada batas tertentu. Namun, lain ceritanya apabila getaran sudah mencapai kabin, maka Teman Bisnis harus lebih berhati-hati.

Dilansir dari Suzuki, permasalahan terkait kendaraan mobil memang harus dideteksi sedini mungkin. Teman Bisnis harus mengetahui penyebab dan alasannya terlebih dahulu, agar nantinya tidak salah dalam mengatasinya.

Sebuah mobil dapat berjalan karena kinerja mesin yang baik. Ketika mesin tersebut dihidupkan, maka otomatis komponen-komponen di dalamnya akan bergetar. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya produsen otomotif sudah menerapkan teknologi peredam getaran.

Bagaimana jika getarannya tidak seperti biasanya, bahkan terasa hingga pada bagian kabin? Berikut beberapa penyebabnya:

Injektor Mesin Ada yang Tersumbat

Kebanyakan mobil keluaran sekarang memang menggunakan teknologi injeksi. Dengan demikian, di dalam mesin mobil hanya terdapat injector, sehingga tidak ada lagi karburator.

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam komponen intake manifold. Bensin pun akan langsung masuk ke mesin untuk menggerakkan mobil. Lalu, bagaimana jika salah satu injektor rusak atau ada yang tersumbat?

Dampak awalnya mungkin akan pincang, dan tak heran jika RPM otomatis akan naik. Hal itu menyebabkan getaran mencapai kabin atau body mobil. Masalah seperti ini biasanya terjadi ketika mesin belum lama dihidupkan.

Bahkan, ketika Teman Bisnis belum melepas kopling, getarannya sudah terasa. Biasanya kendala seperti ini dialami pemilik mobil yang tidak melakukan servis rutin.

Padahal, service berkala penting untuk masalah pada injektor. Teman Bisnis bisa memanfaatkan layanan fuel injection cleaning and inspection untuk membuat mesin kembali normal.

 

Karet Pada Engine Mounting Pecah

Jika Teman Bisnis belum mengetahui seputar engine mounting, ini adalah komponen dalam mesin yang menyatukan mesin ke frame. Fungsinya membuat mesin ke bagian frame untuk meredam getaran.

Jika mesin menggunakan baut biasa, maka getarannya akan diteruskan pada badan mobil. Tak heran jika engine mounting memang dibuat dengan bahan karet peredam khusus.

Meski kinerjanya cukup baik dalam meredam suara, tetap saja material tersebut terbuat dari karet. Sifatnya yang lunak mungkin saja membuatnya rusak seiring pemakaian yang lama.

Apabila karet pada komponen ini rusak atau pecah, maka getaran mesin akan tersalurkan ke body dan tidak terbendung lagi. Oleh karena itu, mobil bergetar saat RPM rendah bisa jadi karena masalah engine mounting-nya.

Teman Bisnis bisa mengeceknya dengan menyoroti komponen ini menggunakan senter. Pastikan karet yang membuatnya masih bagus atau tidak.  Jika ternyata pecah atau terbelah, maka sebaiknya cepat-cepat diganti.

 

Kampas Kopling Sudah Aus

Jika Teman Bisnis sudah lama menggunakan mobil, mungkin kampas kopling yang aus mudah dirasakan. Ketika pedal kopling dilepas, baik pada gigi 1 atau 2 maka bagian body mobil akan bergetar.

Hal tersebut bisa terjadi ketika menyalakan mesin pada RPM rendah. Pengendara pemula sebenarnya juga bisa mendeteksi hal ini ketika melepas kopling pada kondisi yang sama.

Mesin mobil yang normal biasanya bergetar cukup halus ketika kopling dilepas, kecuali di gigi 4 atau 5. Jika hal ini terjadi, sebaiknya cek jarak tempuh mobil untuk memastikan kualitas kopling masih baik atau tidak.

Apabila jarak tempuhnya sudah mencapai 30.000 dan belum ganti kopling, maka dapat dipastikan komponen tersebut sudah aus. 

 

Propeller Shaft Sudah Tidak Balance

Komponen propeller shaft ditemui pada mobil RWD atau Rear Where Drive. Anda bisa melihatnya di kolong mobil berupa pipa memanjang dari transmisi ke gardan belakang.

Poros propeller berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin dengan roda penggerak, sehingga mobil bisa melaju. Jika mobil yang Teman Bisnis kendarai masih baru, maka putaran mesin masih terasa begitu nyaman.

Sementara itu, mobil yang sudah lama dan sering digunakan sebaiknya dicek bagian propeller-nya. Bisa jadi komponen ini bentuknya sudah tidak balance, sehingga mobil bergetar saat RPM rendah.

Untuk memeriksanya, dibutuhkan tool bernama dial gauge yang bisa mendeteksi komponen propeller apakah masih bagus atau tidak.

Biasanya, poros pipa bagian bawah yang sudah bengkok atau tidak seimbang akan terasa getaranya. Bahkan, ketika mengendarai mobil di RPM rendah. Jika sudah begini, Teman Bisnis harus segera mendatangi bengkel resmi.

 

Setting Komponen Internal Mesin Kurang Tepat

Penyebab mobil bergetar saat RPM rendah lainnya adalah karena komponen internal mesin yang di-seting kurang tepat. Contohnya pada beberapa bagian silinder yang kompresinya hilang atau ada yang bocor.

Kebocoran juga bisa terjadi pada koil, sehingga memicu getaran tidak wajar pada bodi mobil. Oleh karena itu, memeriksa komponen internal mobil memang penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Sambungan Propeller Aus

Sambungan propeller pada mobil RWD disebut juga sebagai universal joint. Bagian ini juga perlu diperiksa ketika Anda mendapati mobil bergetar tidak wajar. Bisa jadi sambungannya memang sudah aus dan harus segera diganti.

 

Ban Mobil Tidak Rata/Bergelombang

Kapan terakhir kali Teman Bisnis  mengganti ban mobil? Ternyata ban mobil yang tidak rata, misalnya bergelombang bisa menyebabkan masalah cukup serius. Bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja ketika mengendarainya.

Padahal, jika dibiarkan, kondisi ban tersebut bisa membuat mobil bergetar di RPM tinggi maupun rendah. Getaran yang dirasakan mungkin akan berbeda ketika Teman Bisnis mengubah kecepatan mobil.

Oleh karena itu, silahkan cek mobil Teman Bisnis  apakah terdapat gelombang, cekungan, benjolan, atau sudah aus. Tidak hanya itu, sebaiknya periksa pula keadaan pelek, karena bisa jadi sudah tidak balance.

Jangan salah, hal ini juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan spooring balance rutin per 20.000 KM.

 

Batang Piston Bengkok

Mungkin penyebab yang satu ini tidak terlalu umum terjadi. Terlebih untuk penggunaan mobil secara wajar. Namun, batang piston bengkok tetap berpotensi terjadi.

Pada dasarnya, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dan piston. Ukuran piston akan mempengaruhi volumetrik silinder mesin mobil.

Jika salah satu piston bengkok, maka volume silinder pun akan membesar. Hal ini akan memengaruhi proses pembakaran menjadi tidak seimbang. Tak heran jika Teman Bisnis akan mendapati mobil bergetar, meskipun pada RPM rendah.

Pada dasarnya, kendala piston membengkok biasanya terjadi karena insiden tertentu. Misalnya sebuah mobil yang menerjang banjir, sehingga intake manifold kemasukan air.

Hal ini bisa membuat efek water hammer karena sifat air yang tidak bisa dikompresi. Hingga akhirnya membuat batang piston bengkok pada suatu mesin mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper