Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PPnBM Permanen, Honda Ambisi Genjot Local Purchase

Satu syarat untuk mendapatkan diskon PPnBM secara permanen, berdasarkan usulan dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, adalah mencapai local purchase sebesar 80 persen.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  17:43 WIB
PPnBM Permanen, Honda Ambisi Genjot Local Purchase
All New Honda BR-V. - PT Honda Prospect Motor
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan tanggapan terkait usulan Kementerian Perindustrian untuk membuat diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) permanen dengan syarat pembelian lokal minimal 80 persen. Sebagaimana diketahui, aturan yang berlaku saat ini agar dapat ikut merasakan fasilitas fiskal pandemi Covid-19 tersebut adalah pembelian lokal minimal 60 persen. 

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy mengatakan insentif PPnBM terbukti sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif, sehingga dia yakin pemerintah mempunyai kebijakan yang tepat untuk mempertahankan tren positif ini.

"Sekarang sedang dievaluasi kami dengar, jadi kami sedang menunggu hasilnya seperti apa,” ujar Yusak Billy pada Rabu (15/12/2021).

Pria yang akrab dipanggil Billy ini pun menjelaskan pihaknya berkomitmen terus untuk menaikan pembelian lokal secara berkala, di mana sejalan dengan usulan Kemenperin untuk mengkerek pembelian lokal 80 persen. 

“Kami selalu berkomitmen menaikkan terus local purchase itu secara berkala. Jadi untuk sekarang berapa, saya belum bisa jelaskan,” jelas Billy.

Billy pun berharap misalkan usulan PPnBM secara permanen ditolak, penurunan diskon pajak dapat dilakukan secara bertahap agar konsumen tidak terlalu kaget.

"Pasar bisa kaget, karena tadinya 0 persen, naik ke 15 sampai 20 persen, tergantung Co2 yang dihasilkan. Tapi saya yakin pemerintah sudah memikirkan ini," tutup Billy

Saat ini ada tiga model mobil Honda yang bisa mendapatkan insentif PPnBM apabila usulan Menperin diterima, yakni HR-V 1.8L dan Brio Satya dan BR -V terbaru dengan kandungan pembelian lokal 84 persen. Sementara ada 6 model yang terancam tidak dapat insentif PPnBM permanen, yaitu Brio RS, Mobilio, , CR-V 1.5 Turbo, HR-V 1.5, CR-V 2.0, dan City Hatchback.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif honda prospect motor PPnBM
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top