Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Stop Produksi, Simak Perjalanan Tiga Generasi Suzuki Karimun di Indonesia

Konsumen di Indonesia masih bisa mendapatkan Karimun Wagon R di beberapa dealer Suzuki. Sebabnya, masih ada dealer yang memiliki stok mobil tersebut dalam jumlah terbatas.
1

Karimun Estilodan Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R.  - suzuki
Suzuki Karimun Wagon R. - suzuki
Bagikan

  1. Karimun Estilo 

Generasi kedua dari Karimun ini berbeda dengan kakak dan adiknya yang bentuknya cenderung mengotak. Karimun Estilo hadir dengan bentuk yang membulat dan dimensi sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Karimun kotak.

Karimun Estilo mengambil basis dari Wagon R versi Maruti Suzuki India. Mobil ini terbagi menjadi dua jenis, yakni keluaran pertama 2007-2008 dan keluaran kedua 2009-2012.

Perbedaan diantara keduanya terletak pada mesin yang digunakan. Karimun Estilo generasi pertama menggunakan mesin dari keluarga yang sama dengan mesin Karimun kotak, yakni F-10D 1.100 cc empat silinder.

Sementara itu, untuk generasi keduanya menggunakan mesin K10B 1.000 cc tiga silinder. Mesin tersebut merupakan mesin yang sama dengan mesin Karimun Wagon R. Selain perbedaan pada mesin, terdapat pula perbedaan minor atau facelift pada eksteriornya.

Sama seperti Karimun kotak, Karimun Estilo dari awal hingga akhir produksinya hanya tersedia transmisi manual lima percepatan.

Harga bekas dari Karimun Estilo saat ini berada di rentang Rp50-80 juta. Karimun Estilo generasi kedua lebih banyak dicari lantaran jauh lebih hemat bahan bakar walaupun tenaganya tak sebesar kakaknya.

  1. Karimun Wagon R

Karimun Wagon R atau Karimun generasi ketiga yang hadir di Tanah Air ini kembali hadir dalam bentuk mengotak. Mobil ini mengambil basis dari Wagon R Stingray yang diproduksi oleh Maruti Suzuki India.

Mobil yang dipasarkan mulai Oktober 2013 ini awalnya tersedia dalam tiga level trim yakni GA, GL dan GX. Barulah pada 2014, dikeluarkan varian khusus bernama Dilago yang akhirnya disuntik mati pada 2015.

Selain meluncurkan varian Dilago, pada tahun yang sama juga diluncurkan versi GS dengan tampilan Sporty. Varian tersebut bertahan hingga facelift kedua dan penghentian produksinya untuk pasar dalam negeri tahun ini.

Hingga 2014, Karimun Wagon R yang dipasarkan di Indonesia bertransmisi manual lima percepatan. Barulah pada 2015 Suzuki menghadirkan transmisi otomatis Auto Gear Shift (AGS).

Karimun Wagon R mendapatkan pembaruan atau facelift pada bulan April 2017. Varian yang tersedia adalah GA, GL dan GS. Mobil ini juga tersedia dengan varian blind van untuk kendaraan komersial berdasarkan pesanan.

Harga bekas dari Karimun Wagon R berada di rentang harga Rp55 juta hingga Rp 100 jutaan. Adapun, untuk barunya Karimun Wagon R dibanderol  dengan harga antara Rp122 juta hingga Rp144,5 juta.

2 dari 2 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suzuki karimun suzuki karimun wagon r
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top