Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Ungkap Alasan Avanza dan Veloz Pakai Penggerak Roda Depan

Perubahan sistem penggerak roda Avanza menjadi perbincangan utama, karena sejak diluncurkan pada tahun 2003 sampai dengan saat ini, Avanza identik dengan mesin penggerak roda belakang atau RWD.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 10 November 2021  |  19:34 WIB
Toyota Ungkap Alasan Avanza dan Veloz Pakai Penggerak Roda Depan
Toyota All New Avanza hadir dengan transformasi total dari sisi dimensi, sistem penggerak roda, hingga fitur. - TAM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan LMPV All New Avanza dan All New Veloz. All New Avanza dan Veloz ini pun mengalami perubahan yang banyak dari desain, fitur dan teknologi, dan  mesin yang kini berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD). 

Hal ini pun menjadi perbincangan utama dikarenakan sejak diluncurkan pada tahun 2003 sampai dengan saat ini, Avanza identik dengan mesin penggerak roda belakang atau RWD.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy pun mengatakan masing masing RWD dan FWD merupakan pilihan baik yang mempunyai keunggulan masing masing. Namun untuk All New Avanza dan Veloz ini pihaknya lebih memilih FWD.

" Pilihan ini pun banyak pertimbangannya ada dari infrastruktur lebih membaik kondisi jalannya. Sehingga FWD akan lebih memberikan kenyaman, FWD pun akan meringankan beratnya, menjadi lebih ekonomis dan Irit," ujar Anton dalam acara virtual.

Anton pun menambahkan mesin engine All New Avanza dan Veloz pun sudah terbaru.

"Enginenya pun ada yang baru dan kita berikan tuning engine performance, transmisinya baru, RWD atau FWD kita lihat mobil satu kesatuan memberikan performa ekonomi dan ramah lingkungan dan kenyaman penumpangnya.” jelas Anton.

Anton pun menambahkan keputusan memilih FWD dikarenakan mayoritas model di kelas LMPV banyak yang memakai penggerak roda depan seperti Honda Mobilio , Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina.

TAM membanderol harga mobil Avanza baru antara Rp206,2 juta hingga 264,4 juta. Harga ini naik antara Rp 16,4 juta hingga Rp 24,9 juta dibandingkan dengan generasi sebelumnya.  

Vice President TAM Henry Tanoto mengatakan saat ini kedua mobil tersebut kini hadir sebagai model yang berbeda. All New Avanza dikembangkan sebagai kendaraan multifungsi, sedangkan Veloz mengedepankan gaya. 

All New Avanza pun hadir dengan menggunakan platform baru, Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) yang dikembangkan Toyota khusus Avanza.

Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang. Hal ini membuat Toyota mengklaim Avanza dan Veloz terbaru hadir dengan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Secara dimensi All New Avanza kini lebih besar, panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, untuk wheelbase mencapai 2.750 mm.

Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700

Selain itu, Toyota juga merancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Toyota juga melengkapi Avanza baru dengan New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap.

Dan pada sisi hiburan All New Avanza dibekali head unit berukuran 9 inci Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) dengan kemampuan menjadi fasilitas hiburan terbaik yang juga dapat dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth. 

Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir. 

Adapun pada keselamatan All New Avanza sudah dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist menjadi standar baru di semua model Toyota, terutama pada All New Avanza yang diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).   Dan untuk All New Avanza 1.5 G CVT TSS dilengkapi dengan 6 Airbags

Terdapat juga fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

Untuk varian All New Avanza 1.5 G CVT TSS, terdapat teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil Avanza Toyota Astra Motor
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top