Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level 4 Berlanjut, Daihatsu Kasih Tips Merawat Mobil di Rumah

PPKM Level 4 dilanjutkan hingga 9 Agustus 2021, sehingga waktu mobil berdiam di rumah atau tidak digunakan akan bertambah panjang.
Ilustrasi merawat mobil. /SIS
Ilustrasi merawat mobil. /SIS

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah telah merilis kebijakan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021, sehingga sebagian pemilik kendaraan mungkin akan tetap bekerja dari rumah atau WFH.

Perubahan rutinitas harian ini membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa digunakan sehari-hari akan terparkir lama di garasi rumah. Padahal, mobil membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal.

Oleh karena itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pemegang merek Daihatsu di Indonesia, memberikan 5 tips merawat mobil selama masa PPKM. Berikut rinciannya:

- Memanaskan mesin mobil secara teratur
Panaskan mobil lebih kurang 10-20 menit dalam satu kali seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai, mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya. Di lain hal, saat memanaskan mobil di garasi rumah, pastikan juga agar asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

- Menjaga tekanan angin pada ban
Pemilik mobil dapat menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Pemilik juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju mundur bersamaan saat memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu secara merata, sehingga kerusakan dikarenakan flat spot dapat dicegah.

- Pilih area parkir yang paling tepat
Garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Bagi Anda yang tidak memarkir di garasi, pastikan mobil tidak diparkir di area yang terkena matahari secara langsung atau dibawah pohon, karena dapat membuat cat mobil pudar dan kusam. Pastikan juga lokasi parkir tersebut juga aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir kendaraan bila diperlukan.

- Transmisi dan rem parkir
Dua komponen ini juga tidak boleh luput untuk diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem parkir meski kendaraan berhenti dalam bidang jalan yang rata. Untuk mobil transmisi otomatis, pastikan tuas transmisi pada posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak.

- Jaga kebersihan mobil
Cuci bagian eksterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper