Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Waspada Rem Blong pada Mobil, Ini Ciri-ciri Rem Rusak

Berikut ciri-ciri master rem mobil rusak.
Ilustrasi rem mobil. /Antara
Ilustrasi rem mobil. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam dunia otomotif, rem merupakan salah satu bagian yang memegang peranan penting untuk keselamatan pengendara.

Saat ini, rem pada kendaraan roda empat telah dilengkapi dengan berbagai komponen, salah satunya adalah master rem. Oleh karena itu, guna menghindari kejadian rem blong, berikut ciri-ciri master rem mobil rusak, menurut Daihatsu:

1. Rem Mobil Menjadi Tidak Pakem

Bila Anda memiliki master rem yang kurang optimal, maka hal tersebut akan menyebabkan berbagai efek samping misalnya saja rem tidak pakem. Sebetulnya, keadaan rem tidak pakem ini hampir sama dengan rem kemasukan angin. Anda hanya perlu mengocok pedal rem berulang kali agar master rem bisa kembali berfungsi.

Lantas apa sebenarnya penyebab dari rem mobil tidak pakem? penyebab dari rem tidak pakem seringkali disebabkan oleh kedua seal master rem sudah mulai aus, tetapi masih bisa digunakan dan tidak sepenuhnya rusak. Kondisi seperti ini seringkali ditandai dengan adanya rembesan minyak rem pada bagian belakang dekat dengan booster rem.

2. Bentuk dari Seal Master Rem Berubah

Sebagaimana yang diketahui, bahwa minyak rem merupakan elemen penting yang berguna untuk memacu tarikan tuas rem. Bila saja minyak rem tidak mengalir dengan normal, maka hal inilah yang menyebabkan master rem bisa rusak.

Hal ini terjadi dikarenakan kondisi seal master rem yang tidak lagi mengembang. Seal master rem yang rusak disebabkan telah aus serta adanya bekas gesekan yang membentuk garis.

Keadaan yang disebabkan ciri master rem mobil rusak ini akan menjadi lebih parah lagi, bila minyak rem bocor atau menetes. Jadi, tuas rem yang dipacu tidak bisa bekerja dengan optimal untuk menghentikan gaya gerak roda pada kendaraan roda empat.

3. Dinding pada Rem Telah Berkarat

Dinding bagian dalam master rem memiliki fungsi menjaga sistem pengereman agar bisa bekerja dengan aman. Tak hanya itu saja, dinding rem pula mencegah adanya kotoran yang masuk ke dalam rem.

Akan tetapi, bila dinding pada rem telah berkarat maka hal ini akan membahayakan kondisi rem, karena ada celah di dalamnya. Celah inilah yang mengundang debu masuk ke dalam rem, dan pada akhirnya sistem pengereman pada kendaraan Anda akan menjadi lebih lambat.

Selain debu, dinding yang telah berkarat pula akan membuat lumpur bisa masuk ke dalam rem sebagai ciri master rem mobil rusak. Kejadian seperti ini tentunya akan merugikan, karena sistem rem menjadi terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper