Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah dan Makna Logo Ferrari 'Kuda Jingkrak' hingga Tiga Berlian Mitsubishi

Masing-masing perusahaan otomotif memiliki logo yang mengandung makna filosofis, mulai dari Ferrari, Mitsubishi, hingga Tesla.
Logo Kuda Jingkrak di salah satu sudut kawasan pabrik Ferrari. /Ferrari
Logo Kuda Jingkrak di salah satu sudut kawasan pabrik Ferrari. /Ferrari

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap perusahaan tentunya punya logo perusahaan sebagai bentuk identitas yang memiliki makna tersendiri, termasuk  logo perusahaan otomotif

Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali merek mobil maupun dari perusahaan ternama yang tersebar di seluruh dunia. Adapun bentuk dari masing-masing logo perusahaan otomotif tersebut beragam, mulai dari warna, hingga desainnya.  

Nama, emblem, dan logo merek mobil tersebut adalah cara penting untuk menunjukkan tingkat kualitas dari mobil tersebut Beberapa  logo kendaraan untuk roda empat yang kerap kali ditemui, seperti Toyota, Mitsubishi, Tesla, BMW hingga logo kendaraan dari produsen ternama lainnya. 

Berikut sejarah dan makna logo perusahaan otomotif dari merek ternama:   

1. Logo SAAB


Pada awalnya SAAB merupakan singkatan dari Svenska Aeroplan AB sebuah perusahaan kontraktor industri pertahanan yang berdiri sejak tahun 1937. Hingga pada akhirnya merek logo mobil ini berkembang ke arah merancang dan memproduksi mobil yang sukses dalam balapan dan olahraga lain. 

Kemudian, Saab mengganti penulisan merek kendaraan dengan huruf  kecil hingga sampai merger dengan perusahaan pembuat mobil truk Scania. Kemudian kedua perusahaan ini memakai nama logo merek dengan sebutan “Crowned Eagle” yang merupakan simbol kota Malmo, tempa truk Scania dibuat. 

Sebagai perusahaan yang dikenal dengan aktiebolag, Scania AB terus mengembangkan produksi perusahaannya seperti truk,bus, mesin, alat berat dan chassis hingga menjadi perusahaan produksi truk terbesar dan sudah mendistribusikan produknya ke seluruh negara. 

2. Logo Mitsubishi

Mitsubishi merupakan salah satu perusahaan otomotif tertua yang didirikan sejak tahun 1870. Tidak hanya sebagai produsen mobil Lancer Evo, Mitsubishi juga memproduksi berbagai macam produk seperti tekstil, kaca, hingga memiliki usaha perbankan. 

Tahun 1870-an, perusahaan pengiriman Tsukumo Shokai, yang merupakan pendahulu Mitsubishi, menggunakan ikon berangan segitiga, dan dari ikon inilah ikon tiga berlian Mitsubishi berasal. Tiga berlian diambil dari berangan susun tiga yang merupakan lambang keluarga Yataro Iwasaki, pendiri Tsukumo Shokai, dan ek tiga daun yang merupakan lambang keluarga Yamanouchi, dari Klan Tosa.

3. Logo BMW

Perusahaan otomotif asal Jerman Bayerische Motoren Werke (BMW) yang memproduksi mobil dan sepeda motor didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. 

Asal mula logo BMW terinspirasi dari peristiwa yang melibatkan seorang pilot pesawat terbang  hingga pada akhirnya di tahun 1917 BMW mulai memproduksi mesin pesawat.

Melansir dari laman resmi BMW, Logo BMW didasarkan pada lambang negara Bavaria, wilayah di Jerman di mana perusahaan ini didirikan. Lingkaran biru dan putih dalam logo BMW adalah interpretasi modern dari lambang Bavaria, yang terdiri dari segmen lingkaran biru dan putih. 

Dalam konteks BMW, lingkaran biru dan putih dalam logo melambangkan ciri khas dan identitas perusahaan. Biru dan putih merupakan warna resmi Bavaria, sementara lingkaran melambangkan kemampuan mesin berputar, kemajuan, dan kualitas tinggi yang diusung oleh BMW dalam pembuatan kendaraan mereka.

4. Logo Ferrari

Saat melihat gambar kuda jingkrak pasti akan langsung terbesit nama Ferrari. Siapa sangka ternyata di balik logo kuda jingkrak tersebut terdapat doa sang Ibu untuk anaknya. 

Latar belakang perisai kuning yang terdapat pada logo kuda jingkrak merupakan logo yang diusung langsung oleh pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Enzo membuat gambar ini terinspirasi saat dia masih bergabung sebagai tentara. 

Di kala itu, sang Ibunda memintar Enzo untuk membuatkan logo kuda jingkrak di pesawat anaknya yang menjadi simbol keberuntungan dan diharapkan pesawat dengan logo ini tidak akan tertembak jatuh. 

Setelah itu, Enzo juga kembali diminta membuat logo kuda jingkrak untuk disematkan pada mobil Alfa Romeo dari tim balap Scuderi pada tahun 1932 hingga pada akhirnya menjadi logo Ferrari saat ini. 

5. Logo Porsche

Porsche yang terkenal dengan logo kuda jantan berlari di atas lambang Wurttemberg, Jerman memiliki makna yang mendalam. Kuda jantan melambangkan kekuatan dan kecepatan, nilai-nilai yang dianut perusahaan ini dalam memproduksi mobilnya. 

Warna merah, hitam, dan emas pada logo Porsche memiliki makna simbolis. Merah melambangkan gairah dan semangat, hitam melambangkan keanggunan dan prestise, dan emas melambangkan kualitas dan nilai.

Sementara, simbol Logo Porsche telah menjadi simbol keunggulan dan inovasi dalam industri otomotif. Logo ini mudah dikenali dan dihormati di seluruh dunia. Logo ini sebagai pengingat akan warisan Ferdinand Porsche dan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan menghadirkan mobil sport terbaik di dunia.

6. Logo Tesla

Logo perusahaan otomotif ternama selanjutnya adalah Tesla, Industri mobil listrik milik Elon Musk memiliki logo yang tampak seperti huruf  ‘T’. 

Menurut Chief Executive Officer (CEO)  Tesla, Elon Musk, logo tersebut merupakan bentuk representasi perpotongan antara stator dan rotor yang ada pada motor elektrik yang kemudian diberikan sentuhan desain agar lebih menarik. 

Sementara, pada bagian utama huruf  ‘T’ merupakan bagian  rotor dan garis di atasnya yang terpisah sedikit jarak merupakan stator. 

Selain itu, logo ini juga dibuat menyerupai perisai sebagai bentuk representasi komitmen perusahaan Tesla untuk memaksimalkan keselamatan penggunaan mobil Tesla. Perisai tersebut dimaknai sebagai bentuk perlindungan optimal terhadap lingkungan dengan penggunaan mobil listrik. 

7. Logo Mercedes-Benz

Pecinta mobil mewah sudah tidak asing dengan logo Mercedes Benz. Pabrikan mobil rintisan Jerman ini merupakan salah satu merek mobil yang mudah dikenali. Logo dari kendaraan satu ini memiliki bentuk segitiga dengan posisi berada dalam lingkaran.

Bentuk segitiga dalam logo tersebut melambangkan bintang yang memiliki makna sebuah cahaya yang bersinar dan memiliki harapan. Kemudian, terdapat tiga sudut pada masing-masing segitiga dengan makna bahwa perusahaan ini mendominasi alat transportasi darat, laut dan udara. 

8. Logo Hyundai

Sebagai merek mobil yang sudah dikenal banyak  orang, Hyundai memiliki logo yang menyerupai huruf ‘H’ dan terdapat lingkaran di luarnya.

Huruf ‘H’ itu sendiri terdapat makna yaitu dua orang yang sedang berdiri dan berjabat tangan. Lambang ini bermakna kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan. Untuk bentuk oval yang mengitari huruf ‘H’ mencerminkan globe dan menunjukkan Hyundai sebagai merek mobil yang terkenal di dunia.  (Maria Jessica Elvera Marus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper