Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Kecelakaan Lalu Lintas Saat Musim Hujan, Perhatikan Hal Berikut

Musim hujan meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya, bagi para pengendara harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
Dir Lantas PMJ melakukan pengecekan TKP kecelakaan lalu lintas di KM 00 200 Tol Cawang arah Cikampek./Twitter TMC Polda Metro Jaya
Dir Lantas PMJ melakukan pengecekan TKP kecelakaan lalu lintas di KM 00 200 Tol Cawang arah Cikampek./Twitter TMC Polda Metro Jaya

Bisnis.com, JAKARTA -  Berkendara saat musim hujan menjadi hal yang cukup menantang bagi para pengemudi. Jarak pandang yang buruk dan jalanan yang basah serta licin membuat para pengemudi harus lebih berhati-berhati. Tidak jarang, kecelakaan sering terjadi akibat kelalaian pengemudi saat berkendara. 

Berikut beberapa tips berkendara saat musim hujan agar berkendara aman dan nyaman, dikutip dari sosial media divisi Humas Polri, Kamis (29/02/2024):

1. Periksa Lampu Kendaraan

Saat hendak berkendara di musim hujan, sebaiknya periksa semua lampu kendaraan, apakah semua dapat berfungsi dengan baik. Agar lampu tersebut bermanfaat membantu pengemudi melihat jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik karena membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda. 

2. Pastikan Kondisi Ban dalam Keadaan Aman

Tips kedua yang harus diperhatikan saat sedang berkendara di musim hujan adalah memeriksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Sebaiknya, jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang tipis.

3. Periksa Komponen Utama Kendaraan

Saat ingin berkendara di musim hujan, periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan Anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Gunakan Alas Kaki yang Tidak Licin

Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara dan persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana, bagi pengendara motor, karena jas hujan dengan model seperti itu lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco.

5. Kurangi Kecepatan Berkendara

Saat mengendarai kendaraan Anda di  musim hujan disarankan untuk mengurangi kecepatan karena biasanya permukaan jalan akan licin akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban Anda tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik. 

6. Jaga Jarak Aman dengan Pengendara Lain

Pada saat musim hujan tetap selalu menjaga jarak aman dengan pengendara lain, hal dilakukan agar ketika pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

7. Usahakan Agar Tidak Menerobos Genangan Air

Saat musim hujan, biasanya jalanan akan dipenuhi dengan genangan air hujan. Pastikan untuk tidak menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamnya. Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

8. Jangan Menghidupkan Mesin saat Kendaraan Masuk Saluran Air

Apabila terjebak banjir dan kendaraan Anda mogok dan masuk karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda, jangan menghidupkan kembali mesin, ada baiknya untuk mendorong ke tempat yang aman. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kekhawatiran sistem pengapian kendaraan Anda yang akan menimbulkan terjadinya korsleting dan dapat membuat kendaraan Anda terbakar.  (Maria Jessica Elvera Marus)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper