Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selera Otomotif Moeldoko, Camry Hybrid hingga Bus Listrik

Moeldoko diketahui mendirikan PT Mobil Anak Bangsa (MAB), yakni produsen bus listrik dalam negeri.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  11:50 WIB
Pengunjung melihat-lihat bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada ajang Giicomvec 2018 di Jakarta.  - Bisnis.com/Dwi Prasetya
Pengunjung melihat-lihat bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada ajang Giicomvec 2018 di Jakarta. - Bisnis.com/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sedang menjadi perbincangan hangat di masyarakat setelah dirinya dilantik menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB).

Mengutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Senin (8/3/2021), mantan Panglima TNI di era Susilo Bambang Yudhoyono tersebut memiliki kekayaan senilai Rp46 miliar. Dari kekayaannya itu, Moeldoko tercatat hanya memiliki satu unit mobil.

Toyota Camry 2.L Hybrid AT Tahun 2012 merupakan satu-satunya kendaraan yang dimiliki Moeldoko. Nilai kendaraan tersebut saat  LHKPN itu dilaporkan diperkirakan Rp200 juta.

Camry Hybrid merupakan satu mobil hibrida atau bertenaga bensin dan listrik mewah pada zamanya. Mobil inimeluncur di Indonesia pada 4 April 2012. Camry dengan kapasitas mesin 2.500 cc hadir menggantikan Camry 2.400 cc dan Camry 3.500 cc. 

Pada 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan model terbaru dari Camry Hybrid. Mobil itu kini dilengkapi moonroof dan mesin A25A-FXS yang disandang menjadi salah satu mesin dengan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Meski hanya terdata memiliki satu mobil, Moeldoko diketahui mendirikan PT Mobil Anak Bangsa (MAB), yakni produsen bus listrik dalam negeri.

MAB memiliki 30 unit bus listrik siap pakai di fasilitas produksinya di Demak, Jawa Tengah. Sejauh ini, perusahaan telah mengantongi satu sertifikat uji tipe dan dua sertifikat registrasi uji tipe SRUT.

MAB adalah merek prinsipal, yang merancang sendiri bus sesuai dengan kebutuhan dan peraturan Indonesia. MAB juga memilih dan menentukan sendiri komponen dan pemasoknya. Perakitannya dilakukan oleh PT Karoseri Anak Bangsa (KAB), anak perusahaan MAB yang memiliki basis produksi di Demak.

Saat ini, komponen lokal menyumbang 35 persen kebutuhan produksi bus listrik MAB, sedangkan 65 persen lainnya masih ekspor. Sejumlah komponen lokal bus listrik MAB di antaranya adalah karoseri, kursu, kaca, pintu, hingga pelek.

Adapun baterai, e-motor, transmisi, controller, dan axle masih didatangkan dari pemasok luar negeri. MAB memiliki bus tipe 12 meter, dengan dua varian, yakni low entry MD12-E, dan hi-dec MD12-E NF yang memenuhi spesifikasi bus rapid transit (BRT).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

moeldoko Toyota Camry Bus Listrik PT Mobil Anak Bangsa
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top